Peneliti Ungkap Rahasia Kotoran Hewan untuk Atasi Kepunahan

TrubusLife
Ayu Setyowati
25 Sep 2018   22:00 WIB

Komentar
Peneliti Ungkap Rahasia Kotoran Hewan untuk Atasi Kepunahan

Badak (Instructables)

Trubus.id -- Berbagai upaya dilakukan demi mencegah punahnya suatu spesies, termasuk mengumpulkan kotoran. Seperti kolaborasi yang dilakukan oleh Kebun Binatang Chester dan Universitas Manchester, sebagai inisiatif untuk membantu mencegah punahnya spesies badak yang sudah terancam. Mereka menyebutnya sebagai "menyelamatkan spesies lewat kotoran". 

Para peneliti sedang berupaya mengidentifikasi pertumbuhan populasi sejumlah hewan liar di Afrika, termasuk zebra gunung jenis Grevy dan Cape. Fokus utama mereka saat ini adalah badak hitam yang terancam punah. 

Baca Lainnya : Selamat Datang Bayi Badak Hitam Timur, Hewan Terancam Punah

Di laboratorium Kebun Binatang Chester, para peneliti bereksperimen dengan metode non-invasif untuk mengumpulkan data. Mereka menggunakan penanda bio-fisiologis, yakni kotoran hewan. 

"Kami mencoba mengembangkan penanda bio-fisiologis lewat kotoran hewan agar kami mengetahui bagaimana kondisi, kesehatan, apakah hewan itu stres atau tidak, juga apakah mereka sedang bereproduksi atau tidak," kata Danielle Gilroy seorang ahli di kebun binatang. 

Tujuan inisiatif senilai US$1,5 juta ini adalah untuk mengembangkan strategi mempromosikan reproduksi alami. "Kami mengumpulkan banyak sampel kotoran hewan di alam liar untuk mengetahui bagaimana keadaan hewan tersebut, termasuk kesehatan, sistem reproduksi, diet, tingkat stress, dan lainnya. Jadi sebenarnya kita memperoleh gambaran menyeluruh tentang kondisi hewan dari sini," kata Profesor Susanne Shultz di Universitas Manchester. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Begini Cara Tepat Hindari Kontaminasi Bakteri Pada Tanaman Tomat

Plant & Nature   19 Okt 2020 - 18:04 WIB
Bagikan:          
Bagikan: