Jaringan Supermarket di Inggris Ini Ganti Kantong Plastik dengan Tas Kompos

TrubusLife
Ayu Setyowati
25 Sep 2018   12:00 WIB

Komentar
Jaringan Supermarket di Inggris Ini Ganti Kantong Plastik dengan Tas Kompos

Co-op food (mossleycorrespondent)

Trubus.id -- Satu lagi langkah tegas untuk mengendalikan sampah plastik. Co-op Food, jaringan supermarket populer di Inggris mengambil langkah untuk memperbaiki lingkungan dengan menghentikan sampah plastik. Mereka baru-baru ini mengumumkan rencana untuk menggunakan tas belanja kompos, yang berfungsi ganda sebagai kantong biodegradable untuk limbah makanan, di semua tokonya. Tas baru akan menggantikan kantong plastik bekas pakai yang lama.

Co-op memperkenalkan tas ramah lingkungan selama beberapa minggu ke depan. Toko di Inggris, Wales, dan Skotlandia akan menerima tas terlebih dahulu, diikuti oleh outlet di seluruh Inggris Raya.

Rantai telah menguji versi lain dari tas sejak 2014 dan meluncurkannya di lokasi di mana perusahaan penampung limbah makanan lokal dapat menerimanya. Perusahaan memperkirakan bahwa tas baru akan menghemat sekitar 60 juta kantong plastik yang biasanya berakhir di tempat pembuangan sampah.

Baca Lainnya : Mulai Januari 2019, Restoran di California Tidak Menyediakan Sedotan Plastik

Kantong biodegradable adalah bagian dari strategi Co-op yang lebih besar untuk mengurangi dampaknya terhadap lingkungan. Hal ini termasuk meluncurkan inisiatif untuk menyiasati makan sehat, limbah makanan, dan penghematan energi.

Perusahaan berencana untuk menghentikan sepenuhnya penggunaan kantong plastik selama lima tahun ke depan dan berhenti menjual plastik hitam - yang sulit untuk didaur ulang - sama sekali. Co-op berharap menjadi bebas plastik pada tahun 2023 dan berencana menggunakan setidaknya 50 persen plastik daur ulang dalam produk lain, seperti pot, nampan dan botol.

Baca Lainnya : Komitmen Negara Industri G-7 Kurangi Polusi Plastik di Lautan

Co-op bukan satu-satunya supermarket di Inggris yang membuang plastik dari tokonya. Minggu lalu, Lidl U.K. mengumumkan rencana untuk berhenti menggunakan baki plastik untuk buah dan sayuran pada akhir September. Perusahaan juga berjanji untuk membuang plastik dari bagian dagingnya pada musim panas 2019. 

Asda(dot)com juga mengumumkan bahwa itu adalah setengah jalan menuju pengurangan plastik tahun ini, sementara Waitrose(dot)com pun telah bersumpah untuk berhenti menggunakan plastik untuk sayuran dan buah kering pada musim semi 2019 mendatang. 

Semoga diikuti banyak perusahaan retail di Indonesia juga ya, Trubus Mania. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Kucing Pertama yang Terinfeksi Virus Corona Ditemukan di Belgia

Pet & Animal   28 Mar 2020 - 22:49 WIB
Bagikan:          
Bagikan: