Tips Memilih dan Membedakan Kelamin Burung Kolibri Ninja yang Masih Hijau

TrubusLife
Syahroni
24 Sep 2018   23:00 WIB

Komentar
Tips Memilih dan Membedakan Kelamin Burung Kolibri Ninja yang Masih Hijau

Burung kolibri ninja dewasa. (Istimewa)

Trubus.id -- Di kalangan pecinta burung kicau atau kicau mania, nama burung kolibri ninja tentu sudah tidak asing di telinga. Burung mungil pemakan madu ini memang sudah cukup lama dipelihara sebagai burung masteran maupun burung lomba.

Saat ini, tren memelihara kolibri ninja pun mulai bangkit kembali. Pasalnya selain mudah dalam segi perawatan, burung kolibri ninja ini juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Burung kolibri ninja yang sudah rajin berbunyi atau gacor dan kerap memenangi kontes burung, bisa dipatok dengan harga jutaan rupiah loh.

Namun demikian, banyak juga orang yang lebih memilih anakan burung kolibri ninja hijau atau ijoan yang masih sangat muda untuk dibentuk sendiri. Karena selain harganya yang lebih murah, anakan burung kolibri yang sudah timbul trotol di tubuhnya tentunya harganya sudah lebih mahal lagi.

Tapi sebelum membeli anakan burung kolibri ninja hijau atau ijoan, khususnya yang berkelamin jantan, ada baiknya anda mengetahui dulu cara memilih burung kolibri yang baik. Berikut ini tipsnya:

  • Usahakan memilih anakan burung kolibri sebelum jam 07.00 atau sebelum matahari terbit, atau jam 16.30 di mana cuaca terlihat sudah teduh. Hal ini dimaksudkan untuk memantau kondisi burung yang benar benar sehat. Jangan memilih burung ketika lagi dijemur karena untuk burung yang tidak fit ketika dijemur sekilas tampak sehat. sehingga untuk melihat burung yang kurang sehat agak susah.
  • Pilihlah burung yang aktif, gesit, dengan bulu yang terlihat rapat. Dan untuk burung yang kurang sehat sering terlihat dengan mengembangkan bulu, bulu sayap turun, memejamkan mata, dan lain-lain.
  • Perhatikan fisik burung yang rapi, bersih, tidak cacat tubuh, tidak kurus dan yang terpenting tidak ada luka luka di tubuh.
  • Gunakan mp3 untuk memancing respon anakan burung kolibri dengan suara terapi air atau suara burung kolibri. Jika beruntung terkadang akan ada burung yang memperlihatkan respon dengan berbunyi pelan atau ngriwik bahkan mungkin ngobra selayaknya kolibri jantan dewasa.

Setelah cara memilih kolibri ombyokan di atas anda pahami, langkah selanjutnya memastikan memilih anakan burung kolibri berjenis kelamin jantan. Dan untuk cara mudah membedakan jenis kelamin jantan, ada beberapa cara yang biasa dipakai kicau mania yang dapat dengan mudah anda terapkan saat mencari calon kolibri ninja jagoan anda. Berikut ini caranya :

Perhatikan warna orange yang berada di bawah tulang rahang menuju ke leher  anakan burung Kolibri. Burung Kolibri jantan pasti memiliki garis warna orange pekat dan dalam keadaan tertentu warna tersebut berbeda dengan warna bulu dada yang terkadang berwarna kuning. Sebaliknya, Burung Kolibri betina memiliki garis warna kuning muda dan dalam keadaan tertentu mengarah ke warna polos putih kekuningan atau tidak bergaris.

Jika anda tidak bisa menemukan perbedaan tersebut, lebih baik pergi ke pedagang lain. Carilah yang pasti-pasti saja, atau bisa juga dengan memilih yang paling memiliki warna tersebut di atas yang paling pekat. Dan jika masih memaksa untuk membawa pulang anakan burung kolibri hari itu juga maka pilihlah yang sudah ada trotolnya, dijamin pasti jantan. Namun juga harus berhati hati dengan pedagang yang nakal, terkadang adapula pedagang yang menjual burung trotol namun hasil semiran. 

Sebagai tambahan pengetahuan jika anda benar-benar berniat membeli anakan burung kolibri, usahakan jangan membungkusnya dengan kertas kelongsong untuk perjalanan yang lama, karena sangat membuat anakan burung kolibri menjadi stres berat. Bawalah kurungan kecil beserta kerodongnya untuk membawanya dalam perjalanan pulang nantinya. Demikian tips / cara memilih serta membedakan jenis kelamin anakan burung kolibri jantan. Semogga bermanfaat. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: