Selain Bisa 'Berdoa', Ternyata Belalang Sembah Juga Bisa 'Mancing' Ikan Loh

TrubusLife
Syahroni
24 Sep 2018   22:45 WIB

Komentar
Selain Bisa 'Berdoa', Ternyata Belalang Sembah Juga Bisa 'Mancing' Ikan Loh

Belalang sembah memangsa ikan. (Doc/ Rajesh Puttaswamaiah)

Trubus.id -- Belalang sembah atau belalang sentadu dikategorikan ilmuwan sebagai serangga pemburu 'segala'. Sebutan itu sendiri merujuk pada beragam makanan yang mereka konsumsi. Namun demikian, meski para ilmuan sudah banyak yang tahu kalau belalang ini memakan segala hal, mereka baru mendapati jika ternyata serangga ini juga memakan ikan yang mereka tangkap sendiri. 

Serangga yang banyak berdoa ini telah diamati memakan serangga lain terutama lalat. Selain itu, belalang sembah juga memakan hewan lain seperti kadal, katak, ular, penyu, tikus dan bahkan burung kecil.

Belalang sembah dapat berburu dengan baik karena memiliki penglihatan 3D (3 Dimensi) yang sangat baik. Saat mangsa tidak waspada, sang belalang dapat merespon melalui matanya sehingga bisa menangkap mangsa dengan cepat.

Meski mempunyai selera makan beragam, belalang sembah ternyata mempunyai selera yang lebih beragam lagi dari yang kita kira.

Tahun lalu di India, tim ilmuwan yang dipimpin oleh Roberto Battison dari Canal Museum mengamati belalang sembah yang mengunyah ikan guppy.

Penelitiannya sudah dipublikasikan di Journal of Orthoptera Research pada Kamis (20/09). Penelitian tersebut menjadi penelitian pertama yang mendokumentasikan perilaku belalang sembah yang memakan ikan.

Pengamatan dari belalang jantan 2,2 inci ini (Hierodula tenuidentata) dibuat di taman pribadi yang terletak di Karnataka, India. Taman itu memang taman buatan, namun ilmuwan mengatakan bahwa taman itu dibuat semirip mungkin dengan habitat aslinya lengkap dengan tawon, kupu-kupu, laba-laba, dan tumbuhan lain.

Dalam tujuh kasus yang diamati, belalang sembah bisa menangkap ikan dan memakannya mulai dari ekor. Dalam satu kesempatan ia mulai makan dari kepala dan dari sisi atas.

Ilmuwan mengatakan bahwa adaptasi belalang sembah ini sangat luar biasa. Ikan guppy tidak bergerak seperti kadal, belalang, burung kecil atau lalat. Namun berkat kaki depan yang kuat serta cengkeramannya, belalang sembah mampu menangkap ikan yang terkenal licin.

Dikutip dari Gizmodo, belalang sembah menangkap ikan dan melahap 9 dari 40 ikan selama periode lima hari.

Mata majemuk yang berukuran besar milik belalang sembah sangat sensitif terhadap gerakan sehingga kemampuan belalang dapat menangkap ikan secara efektif.

Penelitian belalang sembah bisa menangkap ikan akan diteliti lebih lanjut sehingga ilmuwan dapat mengetahui kemampuan visualnya secara rinci. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Jangan Sepele, Begini Caranya Agar Kita Tidak Kekurangan Vitamin C

Health & Beauty   14 Des 2019 - 23:51 WIB
Bagikan:          
Bagikan: