Tanpa Tidur, Berapa Lama Manusia Bisa Bertahan?

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
21 Sep 2018   08:30

Komentar
Tanpa Tidur, Berapa Lama Manusia Bisa Bertahan?

Ilustrasi (FeibusTech)

Trubus.id -- Para ahli sepakat bahwa jam tidur ideal adalah sekitar 7 hingga 9 jam setiap malam. Tidur teratur dibutuhkan tubuh untuk dapat melakukan fungsi fisiologis yang penting, seperti perbaikan otot atau jaringan, memori dan sintesis hormon. Namun, bagi manusia modern yang harus selalu produktif, terkadang mereka mengorbankan waktu tidur untuk bekerja atau bersantai sampai larut malam. Sebenarnya berapa lama seseorang sanggup secara fisik tanpa tidur? 

Randy Gardner, pria asal Amerika yang saat ini berusia 70 tahun adalah pemegang "rekor dunia" untuk tidak tidur selama 11 hari 25 menit.  W. Christopher Winter, ahli syaraf dan sekaligus peneliti tidur dari Amerika, mengaku skeptis dengan catatan rekor ini. "Tim peneliti mengakui bahwa dia mengalami 'tidur mikro'  yang konstan atau periode tidur singkat yang hanya berlangsung beberapa detik selama penelitian," kata Winter. 

Jika seseorang mampu tidak tidur selama berhari-hari, tentu kesehatan mentalnya akan terganggu. Sebagai contoh, tahun 1959 seorang presenter radio bernama Peter Tripp memutuskan untuk menyiarkan acaranya dari tengah Times Square selama 201 jam secara langsung untuk menggalang dana bagi sebuah yayasan. 

Baca Lainnya : Insomnia, Coba Trik Tidur Kilat ala Tentara AS

Pada hari ketiga, efek kurang tidur pada mental Tripp mulai terlihat. Ia memaki-maki orang di sekitarnya dan berhalusinasi melihat laba-laba. Tripp memang berhasil menyelesaikan misinya dan berhasil pulih tak lama setelah itu. Namun, anggota keluarganya mengatakan ia telah berubah. 

Ada banyak cerita yang beredar di media sosial tentang orang-orang yang mengklaim mereka tidak tidur sama sekali atau hanya tidur satu jam per malam. Tapi, Winter mengatakan kisah-kisah ini mungkin tak akurat. Menurutnya, banyak orang berpikir mereka tidak tidur dan tak percaya pada apa yang dikatakan oleh dokter. Dengan kata lain, meski seseorang mengatakan mereka hanya tidur satu jam atau lebih setiap malam, kenyataannya mereka tetap tidur tanpa menyadarinya, meskipun hanya untuk beberapa menit.

Sebenarnya, hampir secara fisik tidak mungkin untuk tetap terjaga selama berhari-hari. Ini terjadi karena otak pada dasarnya akan tetap memaksa kita tertidur. Winter mengatakan sebanyak mungkin kita mencoba memaksakan diri untuk tetap terjaga, akhirnya otak terpaku pada tidur dan pada titik tertentu dimana kita tak bisa menahannya. 

Baca Lainnya : Bukan Pil Tidur, Ini Saran Dokter untuk Pengidap Insomnia

"Selain itu, ada banyak risiko kesehatan terkait dengan kurangnya tidur untuk jangka panjang," kata Michael J. Breus, selaku spesialis tidur. Menurutnya, kurang tidur dapat mengakibatkan kenaikan berat badan, penurunan gairah seksual, dan melemahnya sistem kekebalan tubuh. 

Kita juga lebih rentan mengalami kecelakaan, terutama jika kita sedang mengemudi. Menurut Winter, tidak ada jumlah jam yang ditetapkan untuk berapa lama seseorang bisa tetap terjaga, percobaan ini mungkin juga tidak pantas untuk dilakukan. "Rekor saya adalah 48 jam dan saya berhalusinasi suara ibu saya yang berbisik kepada saya," katanya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: