Hindari Pelecehan, Kecoak Betina Berkumpul untuk Mengusir Pejantan

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
20 Sep 2018   21:30

Komentar
Hindari Pelecehan, Kecoak Betina Berkumpul untuk Mengusir Pejantan

Kecoak kumbang pasifik. (Sipse)

Manusia bukan satu-satunya spesies yang berurusan dengan pelecehan. Menurut penelitian baru, kecoak betina bisa mengelompok bersama-sama untuk mencegah kecoak jantan yang ingin mendekati.

Bersama rekannya, Christina Stanley, dosen perilaku hewan di Universitas Chester di Inggris, menempatkan kecoak kumbang pasifik dalam wadah khusus untuk mengamati perilaku sosialnya. Kecoak akan berkumpul, terutama kelompok betina dan berdesakan mengusir pejantan.

"Kecoak betina menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik dengan mengecualikan yang jantan," kata Christina.

Baca Lainnya : Karena Badai, Ratusan Ribu Kecoak Mengepung Apartemen

Studi yang dipublikasikan secara online pada Juli 2018 di Ethology mengungkapkan, "Karena kecoak betina jauh lebih besar daripada yang jantan, mereka lebih dominan. Mampu mendorong yang jantan pergi."

Para peneliti juga melakukan eksperimen dengan rasio kecoak jantan dan betina lebih tinggi. Pada kondisi seperti ini, kecoak betina menerima lebih banyak pendekatan dari pejantan yang berniat kawin.

"Dengan demikian, kecoak betina mungkin berkumpul sebagai strategi untuk mengusir yang jantan," tutur Christina.

Baca Lainnya : Unik, Kumbang Air Jenis Baru Ini Dinamai Leonardo DiCaprio

Coby Schal, profesor entomologi Universitas North Carolina, Amerika Serikat, tidak yakin jika kecoak betina berusaha untuk menghindari perhatian pejantan. Menurutnya, perbedaan ukuran antara jenis kelamin saja bisa menyebabkan para jantan diusir.

Selain itu, kecoak kumbang betina pasifik dapat menyimpan sperma dari satu perkawinan. Oleh karena itu, persetubuhan lebih lanjut akan membuang energi. Bisa mengakibatkan cedera. Di luar jendela waktu singkat untuk pertemuan awal, ada betina lain yang tampaknya berniat untuk memanfaatkan pejantan. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Perubahan Iklim Sebabkan Laba-laba Makin Agresif

Thomas Aquinus   Pet & Animal
Bagikan:          
Bagikan: