Jangan Dihindari, Ini Fungsi Lemak yang Penting untuk Tubuh

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
11 Sep 2018   19:00

Komentar
Jangan Dihindari, Ini Fungsi Lemak yang Penting untuk Tubuh

Alpukat, salmon, minyak zaitun dan kacang-kacangan merupakan contoh lemak sehat yang dibutuhkan tubuh (Reader's Digest)

Trubus.id -- Selama ini, lemak di dalam tubuh sering dianggap mengganggu penampilan atau kesehatan. Padahal fungsi lemak bagi tubuh sangat banyak, loh. Keberadaan lemak hanya akan mengganggu penampilan dan membahayakan kesehatan jika jumlahnya berlebihan, Trubus Mania.

Mengutip laman Alodokter, sebagaimana  protein dan karbohidrat, lemak merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Lemak yang tidak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh seperti asam lemak omega-3 sangat penting dalam porsi makanan untuk menjaga pola makan seimbang dan sehat.

Berbagai Fungsi Lemak Bagi Tubuh Manusia

Tubuh membutuhkan lemak dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Beberapa fungsi lemak yang baik untuk tubuh manusia, antara lain:

  • Membantu tubuh menyerap vitamin A, D, dan E

Beberapa jenis vitamin tersebut merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak. Sehingga, untuk dapat diserap oleh tubuh, vitamin ini memerlukan bantuan lemak.

  • Sumber energi bagi tubuh

Lemak juga dapat berguna sebagai sumber energi bagi tubuh untuk menjalankan kegiatan sehari-hari. Namun, bukan berarti kamu bisa mengonsumsi lemak secara berlebihan, ya.

  • Membantu menyehatkan kulit dan rambut

Selain membantu proses penyerapan sejumlah vitamin dan sumber energi bagi tubuh, lemak juga berfungsi membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut.

  • Membuat tubuh tetap hangat

Lemak memiliki fungsi sebagai isolator bagi tubuh. Keberadaan lemak bisa membuat tubuh menjadi hangat, seperti halnya ketika kamu mengenakan pakaian yang tebal.

  • Melindungi organ tubuh

Lemak juga berfungsi melindungi organ tubuh dari kerusakan. Selain itu, lemak membantu membangun sel serta memproduksi hormon, sehingga tubuh bisa berfungsi dengan baik.

Jenis dan Sumber Lemak

Berbagai jenis lemak yang terkandung di dalam makanan, antara lain:

  • Lemak tak jenuh tunggal

Lemak jenis ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung, dengan menurunkan tingkat LDL atau kolesterol jahat dan menjaga tingkat HDL atau kolesterol baik dalam tubuh. Lemak ini bisa ditemukan pada buah alpukat, minyak zaitun, hazelnut, almond, dan kacang-kacangan.

  • Lemak tak jenuh ganda

Lemak tak jenuh ganda dapat membantu menurunkan kadar LDL di dalam tubuh. Omega-6 dan omega-3 termasuk ke dalam jenis lemak ini. Lemak ini banyak terdapat pada ikan salmon, tuna dan buah kenari.

  • Lemak trans

Lemak trans termasuk ke dalam jenis lemak yang tidak sehat karena bisa meningkatkan kadar LDL di dalam tubuh, sehingga bisa menyebabkan stroke, diabetes tipe 2, dan gangguan jantung jika dikonsumsi berlebihan. Lemak jenis ini banyak ditemukan di produk olahan seperti kentang goreng, biskuit, donat, pizza, atau popcorn.

  • Lemak jenuh

Lemak jenis ini sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Lemak jenuh akan tampak berbeda bentuknya dengan lemak tak jenuh karena biasanya berubah menjadi bentuk padat atau membeku di suhu ruangan. Lemak ini bisa didapatkan pada mentega, telur, daging merah, susu, keju, atau kulit ayam.

Meski sering menjadi musuh bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh, bukan berarti tubuh tidak membutuhkan lemak sama sekali. Fungsi lemak tertentu bahkan sangat penting dalam menjaga keseimbangan gizi dan kesehatan tubuh.

Ingat, yang paling penting, lemak harus dikonsumsi secara proporsional dan tidak berlebihan ya, Trubus Mania.


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Daur Ulang Sampah Ternyata Berbahaya Bagi Lingkungan

Thomas Aquinus   Health & Beauty
Bagikan:          

7 Manfaat Kesehatan dari Si Mungil Daun Ciplukan

Thomas Aquinus   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: