Perjanjian Laut Internasional Mulai Dirundingkan PBB

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
05 Sep 2018   19:00

Komentar
Perjanjian Laut Internasional Mulai Dirundingkan PBB

Ilustrasi laut internasional. (Brookings Institution)

Trubus.id -- Pada Selasa (4/9) lalu, negara-negara anggota PBB melakukan perundingan di markas PBB di New York, Amerika Serikat, terkait perjanjian laut internasional, di mana ada banyak tanaman dan DNA hewan berharga.

"Sangat perlu bagi PBB untuk membuat perjanjian laut internasional yang kuat. Memungkinkan kita untuk membuat jaringan global perlindungan laut," kata Sandra Schoettner, ahli biologi kelautan.

Baca Lainnya : Lensa Kontak Berkontribusi pada Pencemaran Mikroplastik di Lautan

Perundingan akan berlangsung selama dua minggu, terbagi dalam empat sesi terpisah. Kunci utamanya ialah, bagaimana mengatur wilayah laut internasional, yang didefinisikan sebagai perairan di luar yurisdiksi nasional, sekitar 22 kilometer dari pantai.

Laut lepas menutupi sekitar 46 persen permukaan planet Bumi. Para ahli percaya bahwa lautan sangat penting untuk sejumlah alasan. Mereka mengatakan jika 90 persen dari panas ekstra dan 26 persen dari kelebihan karbon dioksida yang diciptakan oleh manusia melalui pembakaran bahan bakar fosil dan kegiatan lainnya.

Baca Lainnya : Mikroplastik Menghancurkan Biota Laut

"Setengah dari planet Bumi adalah lautan, melindungi kehidupan terestrial akibat perubahan iklim," ucap Prof Alex Rogers dari Oxford University di Inggris, saat berbicara di markas PBB, Selasa (4/9).

Ia melanjutkan, "Namun, kita terlalu sedikit untuk menjaga itu. Melindungi kehidupan di dalam laut merupakan bagian terpenting dari kelangsungan hidup manusia. Melindungi keanekaragaman hayati laut lepas dengan membawa pemerintahan yang baik dan hukum ke seluruh samudera adalah satu hal penting yang bisa kita lakukan untuk mengubah gelombang bagi Bumi, planet tercinta kita." [DF]

 

 

 

 

 

  

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: