Pelihara Kucing Bikin Lebih Sehat dan Bahagia?

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
04 Sep 2018   22:30

Komentar
Pelihara Kucing Bikin Lebih Sehat dan Bahagia?

Kucing. (iHome Pets.)

Bagi cat lovers, memelihara kucing tentu bukan sekadar hobi. Memelihara binatang lucu dan berbulu tersebut rupanya membawa banyak manfaat bagi kesehatan mental dan fisik pemiliknya, loh. Apa saja, sih?

1. Lebih bahagia

Berdasarkan penelitian di Australia, para pemilik kucing cenderung memiliki kesehatan kejiwaan yang lebih baik ketimbang mereka yang tidak memiliki binatang peliharaan. Para pemilik kucing yang terlibat dalam penelitian mengaku lebih bahagia dan percaya diri serta minim kegelisahan. Selain itu, mereka mengaku lebih nyenyak tidur, fokus, dan mudah menghadapi permasalah kehidupan.

Survei lain di Skotlandia, melibatkan 2.200 responden berusia 11 hingga 15 tahun, mengungkapkan bahwa anak-anak yang memiliki keterikatan kuat dengan kucing peliharaan memiliki kualitas hidup lebih baik. Semakin terikat dengan hewan peliharaan, anak-anak lebih sehat, energik, penuh perhatian, tidak kesepian, serta mampu menikmati waktu sendiri.

Penelitian lain mengungkapkan bahwa, orang-orang yang memelihara kucing memiliki lebih sedikit perasaan emosi negatif dan keterasingan dibanding mereka yang tidak memelihara kucing. Faktanya, mereka yang single namun memelihara kucing, jarang mengalami bad mood.

Baca Lainnya : Dicari, Perawat 55 Kucing yang Mau Digaji Rp6 Juta

2. Penghilang stres

Hasil penelitian yang melibatkan 120 pasangan suami istri dikondisikan pada situasi stressful, tercatat bahwa para pemilik kucing pulih dari stres lebih cepat secara psikologis. Mengapa kucing bisa menenangkan? Karena kucing tidak akan menghakimi siapa pun atas apa yang kita lakukan. Hal ini menjelaskan mengapa dalam beberapa kasus, kucing lebih berpengaruh ketimbang pasangan kita.

Karin Stammbach dan Dennis Turner dari University of Zurich menjelaskan, kucing lebih dari sekadar makhluk kecil yang bergantung pada manusia. Sebaliknya, kita juga menerima kenyamanan dari mereka. Studi menunjukkan, betapa besar dukungan emosi yang didapatkan seseorang dari kucing peliharaannya berdasarkan bagaimana pemilik tersebut mencari mereka pada situasi stres.

3. Hubungan yang baik

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa, para pemilik kucing cenderung lebih sensitif secara sosial, lebih mudah percaya pada orang lain, dan lebih ramah daripada orang-orang yang tidak punya hewan peliharaan.

Baca Lainnya : Lindungi Hewan Asli, Penduduk Desa Omaui Dilarang Pelihara Kucing

Ketika manusia maupun binatang membuat seseorang merasa lebih baik dan terkoneksi, kapasitas untuk memberikan kebaikan dan kedermawanan kepada orang lain akan terjadi spontan. Studi tersebut menjelaskan, anak-anak yang mampu berkomunikasi baik dengan teman-temannya, ternyata memiliki hubungan baik dengan hewan peliharaannya.

4. Lebih sehat

Sebuah penelitian melibatkan 4.435 orang dalam waktu 13 tahun. Mereka yang pernah memelihara kucing, cenderung lebih sedikit meninggal dunia karena serangan jantung. Ketika faktor risiko seperti tekanan darah, kolesterol, merokok, serta indeks massa tubuh dihitung, mereka yang memelihara kucing terlihat lebih unggul.

James Serpell dari University of Pennsylvania meneliti 24 orang yang baru memiliki kucing. Mereka melengkapi survei dalam 1 hingga 2 hari sambil membawa kucing mereka pulang selama 10 bulan. Dalam satu bulan, masalah kesehatan seperti demam, sakit kepala dan punggung, cenderung berkurang.

James berasumsi, mereka yang memiliki hubungan baik dengan kucing peliharaan, cenderung mendapatkan manfaat berkelanjutan di kemudian hari. Dibandingkan orang-orang yang memelihara anjing, pemilik kucing cenderung lebih terbuka dengan pengalaman baru. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: