Gara-gara Virus, 38 Ribu Babi Ternak Dimusnahkan di China

TrubusLife
Diah Fauziah
03 Sep 2018   20:00 WIB

Komentar
Gara-gara Virus, 38 Ribu Babi Ternak Dimusnahkan di China

Peternakan babi. (Pig World)

Trubus.id -- Sebanyak 38 ribu ekor babi dimusnahkan di seluruh wilayah China pada Minggu (2/9). Penyebabnya karena wabah demam babi afrika yang mengintai. Kementerian Pertanian melaporkan jika wabah demam babi afrika ditemukan di lima provinsi di China.

Kasus pertama dilaporkan pada Agustus lalu di Provinsi Liaoning. Sejak itu, wabah demam babi bergerak ke selatan. Berbagai kasus ditemukan hingga 1.000 kilometer. Membuat kekhawatiran bahwa wabah tersebut dapat menjangkiti seluruh peternakan babi di China. Meski begitu, juru bicara Kementerian Pertanian mengatakan jika wabah ini masih terkendali.

Baca Lainnya : Populasi Babi Bagong di Hutan Jawa Kian Kritis

Minggu lalu, Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) PBB memperingatkan jika demam babi afrika bisa menyebar ke negara lain di Asia. Walaupun tidak berbahaya bagi manusia, virus ini dapat menyebabkan demam hemoragik pada babi peliharaan dan babi hutan, yang selalu berakhir dengan kematian hewan peliharaan tersebut dalam beberapa hari.

Tidak ada penawar atau vaksin. Satu-satunnya cara untuk mencegah penyebaran penyakit demam babi afrika dengan memusnahkan massal ternak yang terinfeksi.

Pemerintah pusat diketahui telah mempunyai jalan keluar untuk menghentikan penyebaran penyakit ini. Mei lalu, FAO telah memperingatkan tentang risiko penyebaran demam babi afrika dari Rusia. [DF]

 

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kebiasaan Masyarakat Tiongkok Minum Air Panas, Apa Manfaatnya?

Health & Beauty   16 Des 2019 - 14:55 WIB
Bagikan:          

Berenang Secara Rutin Baik untuk Kesehatan Anjing

Pet & Animal   16 Des 2019 - 11:04 WIB
Bagikan:          
Bagikan: