Ternyata, Ular Piton Burma di Florida Itu Hibidra

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
03 Sep 2018   18:00

Komentar
Ternyata, Ular Piton Burma di Florida Itu Hibidra

Ular piton burma. (Snakes of Taiwan)

Trubus.id -- Di kawasan Florida, Amerika Serikat, ada ular piton burma (Python bivittatus) yang diklaim sangat kuat. Selama ini, masyarakat Florida mengira ular ini tak jauh berbeda dengan jenis piton lain, kecuali fakta punya kekuatan yang jauh lebih besar dan dapat beradaptasi dengan mudah di berbagai lingkungan.

Saat masuk ke Florida pada tahun 1980-an, ular ini dijadikan peliharaan eksotis. Tak disangka, populasi ular piton burma terus meningkat hingga mencapai puluhan ribu. Reptil ini mengincar mamalia berukuran kecil.

Terkait kemampuan ular piton burma, para ahli telah mengetahui alasannya. Dalam studi yang terbit di jurnal Ecology and Evolution minggu lalu, terungkap fakta bahwa ular piton burma merupakan hibrida atau hasil kawin silang dari spesies berbeda.

Baca Lainnya : Banjir Surut, Warga di Kerala Waspada Ular

Kesimpulan tersebut didapat tim ahli setelah menganalisis jaringan ekor pada 426 ular piton burma yang dikumpulkan sejak 2001 sampai 2012 di Florida Selatan, termasuk Everglades. Hasilnya, ada 13 ular piton burma yang memiliki jejak genetik dari piton india (Python molurus) di DNA mitokondria, diturunkan dari ibu ke anak.

Namun demikian, bukan berarti ular piton burma merupakan spesies hibrida baru yang membahayakan penduduk di Florida. Live Science mengungkapkan jika para peneliti menduga, perkawinan silang antara dua spesies ular piton terjadi sejak lama, sebelum ular piton berkembang di Florida.

Namun, harus diakui bahwa hasil kawin silang dua spesies yang kuat akan memiliki kekuatan yang jauh lebih besar. Menurut peneliti, kombinasi gen yang kuat dari dua spesies piton dapat menciptakan hibrida dengan kekuatan lebih.

Baca Lainnya : Wow Ular Piton Ini Mampu Telan Rusa Lebih Besar Dari Tubuhnya

Menurut The Guardian, piton india umumnya hidup di dataran tinggi dan kering, sementara piton burma lebih menyukai air dan tinggal di hutan sungai atau padang rumput yang tergenang.

"Fakta memprihatinkan adalah, populasi ular piton burma yang besar dan terus tumbuh. Hal ini bisa merugikan populasi hewan lain," ujar penulis Margaret Hunter, ahli genetika di Survei Geologi Amerika Serikat.

Faktanya, kedua ular merupakan spesies invasif atau bukan berasal dari negara bagian di Amerika Serikat. Piton burma berasal dari Asia Tenggara, dapat tumbuh lebih dari tujuh meter dengan berat 91 kilogram. Termasuk ular berukuran besar yang dipelihara seseorang.

Sementara itu, piton india berukuran lebih kecil. Bisa bergerak lebih cepat dibandingkan piton burma. Ular ini berasal dari India, Sri Lanka, Pakistan, dan Nepal. [DF]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Dalam Beberapa Dekade, Serangga Akan Punah

Diah Fauziah   Pet & Animal
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: