Asian Games 2018 Hampir Usai, Para Atlet 'Diintai' 6 Penyakit

TrubusLife
Ayu Setyowati
31 Agu 2018   21:30 WIB

Komentar
Asian Games 2018 Hampir Usai, Para Atlet 'Diintai' 6 Penyakit

Ilustrasi cedera. (Mind Body Health)

Trubus.id -- Dua hari lagi, Asian Games 2018 selesai. Bertanding dalam kompetisi multicabang seperti Asian Games, para atlet rentan terhadap beberapa penyakit, mulai dari infeksi hingga cedera. Inilah daftar 6 penyakit itu.

1. Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA)

Asian Journal of Sports Medicine mengatakan 30 hingga 40 persen atlet rentan terkena infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Biasa ditularkan lewat kontak langsung. Olahraga di mana atletnya kerap melakukan kontak fisik dengan lawan, misalnya renang, gulat, pencak silat, rentan mengidap ISPA. Setelah berisitirahat lima hingga sepuluh hari, seseorang yang terinfeksi ISPA bisa sembuh karena penyakit ini bersifat self limited.

2. Infeksi kulit

Penyakit yang cukup sering menyerang para atlet. Infeksi kulit dapat disebabkan virus herpes simplex, bakteri impetigo, atau infeksi jamur. Nah, atlet yang rentan mengidap infeksi kulit dari cabang olahraga gulat, sepak bola, judo, dan rugbi. Kontak kulit dengan lawan, berkeringat, lecet kulit karena benturan atau penggunaan pakaian olahraga yang ketat bisa menyebabkan infeksi kulit.

Baca Lainnya : Mengerikan, Para Atlet Triathlon Dihantui Penyakit Aritmia

3. Diare

Penyakit akibat infeksi virus atau bakteri yang menyerang saluran pencernaan. Menjaga kebersihan menjadi hal mutlak dilakukan para atlet agar terhindar dari diare selama berkompetisi.

4. Stres dan sulit tidur

Bayangkan jika Trubus Mania adalah atlet yang harus bertanding di olahraga berskala internasional, ditonton ribuan pasang mata, punya beban mengharumkan nama negara. Tentu, rasa cemas, deg-degan dan stres bisa menyerang kalian.

Tulisan yang dimuat di British Journal of Sports Medicine memaparkan bahwa, stres emosional dan sulit tidur cenderung melanda para atlet yang sedang berlaga di kompetisi multicabang. Terutama para atlet muda yang baru pertama kali bertanding di kompetisi internasional seperti Asian Games 2018.

Baca Lainnya : Cek 6 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

5. Cedera tendon, otot, atau ligamen

Meski sudah berhati-hati, ada kemungkinan para atlet mengalami cedera. Tendon yang sering mengalami cedera (tendinopati) adalah achilles dan patella. Cedera otot biasa menyerang harmstring dan paha, terutama pemain sepak bola.

Cedera dapat diatasi dengan pemberian obat penahan sakit dan kompres dingin yang digunakan untuk meredakan nyeri. Istirahat diperlukan untuk memulihkan jaringan yang cedera. Biasanya, para atlet akan menjalani serangkaian kegiatan fisioterapi selama masa pemulihan.

6. Cedera tangan akut dan kronis

Cedera tangan, baik akut maupun kronis, biasa dialami para pemain tinju, judo dan angkat berat. Cedera tangan dapat diatasi dengan kompres dingin, pemberian obat penahan sakit, dan fisioterapi. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kebakaran Hutan Australia Hancurkan Habitat Spesies Terancam Punah

Plant & Nature   21 Jan 2020 - 18:30 WIB
Bagikan:          

Kandungan di Minuman Bersoda Ternyata Bisa Membuat Kita Kecanduan

Health & Beauty   21 Jan 2020 - 17:08 WIB
Bagikan:          
Bagikan: