Benarkah Polusi Udara Bisa Turunkan Fungsi Otak pada Manusia?

TrubusLife
Ayu Setyowati
31 Agu 2018   11:00 WIB

Komentar
Benarkah Polusi Udara Bisa Turunkan Fungsi Otak pada Manusia?

Polusi Udara (Istimewa)

Trubus.id -- Ternyata polusi memengaruhi lebih dari sekadar lingkungan. Penelitian baru menunjukkan mungkin ada korelasi antara polusi udara yang signifikan dan penurunan kognitif pada manusia. Para ilmuwan berharap penelitian mereka akan mengarah pada perubahan bagaimana negara-negara menghadapi polusi udara yang berlebihan, terutama di daerah perkotaan yang padat penduduk.

Selama beberapa tahun, lebih dari 25.000 orang yang berasal dari 162 kabupaten yang berbeda di Tiongkok dipelajari. Para peneliti mempublikasikan temuan mereka dalam Proceedings of National Academy of Sciences dan menyerukan Tiongkok untuk mereformasi kebijakan pencemarannya. Para peneliti percaya bahwa Tiongkok dapat secara signifikan menaikkan tingkat pendidikan penduduk dengan mengikuti pedoman EPA AS.

Baca Lainnya: Polusi Udara, Penyebab Kemandulan Kaum Pria?

Jadi, bagaimana peneliti menghubungkan polusi dengan penurunan kognitif? Para ilmuwan melakukan ujian verbal dan matematika pada semua mata pelajaran pada tahun 2010 dan 2014. Data dari ujian kemudian dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, lalu data-data perubahannya dikaitkan dengan polusi udara.

Para peneliti menemukan subjek yang lebih tua menyelesaikan tes dengan lebih buruk, yang menyebabkan tim percaya bahwa polusi memiliki efek yang lebih besar pada otak seiring bertambahnya usia. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa individu dengan pendidikan yang rendah lebih dipengaruhi oleh polusi, mungkin karena mereka biasanya bekerja di luar ruangan.

Meskipun para peneliti yakin dalam menghubungkan pencemaran dan penurunan kognitif, mereka tidak yakin mengapa hal itu terjadi. Xi Chen, rekan penulis studi dan profesor kebijakan kesehatan di Yale, percaya bahwa polusi dapat merusak materi putih di otak, wilayah yang mengontrol komunikasi dalam organ penting ini.

Baca Lainnya: 1 dari 6 Orang di Dunia, Meninggal Akibat Polusi Udara

James Hendrix, kepala Inisiatif Sains Global Alzheimer Association, tidak setuju. Hendrix tidak percaya para peneliti memiliki bukti yang menunjukkan bahwa polusi merusak materi putih. Dia juga berpendapat bahwa mengasosiasikan polusi udara dengan kerusakan kognitif itu sulit, karena ada terlalu banyak faktor lain yang berperan.

Namun bagaimanapun, jelas bahwa polusi udara berdampak negatif terhadap kesehatan kita dan planet kita. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Jangan Sepele, Begini Caranya Agar Kita Tidak Kekurangan Vitamin C

Health & Beauty   14 Des 2019 - 23:51 WIB
Bagikan:          
Bagikan: