Suplemen Minyak Ikan Terbukti Tidak Mencegah Serangan Jantung Pasien Diabetes

TrubusLife
Diah Fauziah
29 Agu 2018   08:00 WIB

Komentar
Suplemen Minyak Ikan Terbukti Tidak Mencegah Serangan Jantung Pasien Diabetes

Suplemen minyak ikan. (Istimewa)

Trubus.id -- Penelitian terbaru mengungkapkan jika suplemen minyak ikan tidak membantu mencegah serangan jantung atau stroke pada pasien diabetes. Hasil peneliti dari Inggris ini dipublikasikan di New England Journal of Medicine.

Para peneliti mengamati 15.000 pengidap diabetes yang tidak memiliki gejala penyakit diabetes. Sebagian partisipan diberi kapsul omega-3 setiap hari, sementara sisanya hanya menerima pil plasebo berisi minyak zaitun, selama tujuh tahun berturut-turut. Penelitian dilakukan acak, di mana responden tidak mengetahui pil mana yang dikonsumsi.

Hasilnya, sebanyak 8,9 persen partisipan yang mengonsumsi pil minyak ikan diketahui mengidap serangan jantung atau stroke, dibandikan 9,2 persen kelompok yang mengonsumsi plasebo.

Baca Lainnya : Minyak Ikan Tidak Memiliki Efek Untuk Anak Pengidap ADHD

“Percobaan acak jangka panjang yang kami lakukan menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan tidak mengurangi risiko kasus kardiovaskular pada pengidap diabetes,” ujar Louise Bowman, ketua penelitian dari University of Oxford, Inggris.

Ia melanjutkan, “Ini merupakan penemuan yang mengecewakan. Tapi, sesuai dengan uji coba acak sebelumnya pada pasien lain terkait peningkatan risiko kasus kardiovaskular yang juga menunjukkan tidak adanya manfaat dari suplemen minyak ikan.”

Kesimpulan Louise ialah, "Tidak ada pembenaran yang merekomendasikan suplemen ikan guna melindungi diri dari kasus kardiovaskular." [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Begini Cara Tepat Hindari Kontaminasi Bakteri Pada Tanaman Tomat

Plant & Nature   19 Okt 2020 - 18:04 WIB
Bagikan:          
Bagikan: