Nanas, Si Manis yang Bisa Jadi ‘Bahan Bakar’ Atlet 

TrubusLife
Ayu Setyowati
26 Agu 2018   21:00 WIB

Komentar
Nanas, Si Manis yang Bisa Jadi ‘Bahan Bakar’ Atlet 

Nanas yang mengandung gula tinggi justru diperlukan seorang atlet untuk menambah tenaga (The Spruce Eats)

Trubus.id -- Nanas seringkali tidak disarankan untuk terlalu banyak dikonsumsi karena kadar gulanya yang tinggi. Padahal, hal itulah yang dibutuhkan para atlet agar tetap memiliki bahan bakar yang cukup. Ahli gizi olahraga dari Boston, Jules Hindman menjelaskan, nanas memiliki kandungan pemanis sederhana dengan jumlah yang tepat untuk menjaga cadangan glikogen para atlet. 

"Kandungan tersebut bisa membuat para atlet memiliki cadangan energi yang cukup untuk beraktivitas dalam sebuah pertandingan," kata Hindman. Nanas juga baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga, ketika tubuh siap menerima asupan gula untuk menggantikan glikogen yang digunakan oleh otot untuk bekerja. Asupan gula membantu memulihkan tubuh lebih cepat dan siap menjalani latihan berikutnya.

Baca Lainnya: Banyak Manfaat, Nanas Juga Bisa Sembuhkan Ragam Penyakit

Buah berwarna kuning ini juga mengandung enzim bromelain yang berfungsi sebagai antiperadangan dan bisa sangat membantu ketika kita mengalami cedera saat berolahraga. 

Jika kamu mencari buah dengan kandungan Vitamin C tinggi, nanas juga memilikinya. Nanas mampu membantu mempercepat pemulihan atlet setelah pertandingan besar, ketika sistem imun mereka sedang dalam kondisi melemah. 

Nanas juga memiliki kandungan mangan, mineral yang bisa menjaga metabolisme dan memicu pertumbuhan kolagen, yang sangat penting untuk penyembuhan luka. 

Baca Lainnya: Konsumsi Nanas Pengaruhi Aroma Vagina, Masa Iya?

Ketika ingin membeli nanas, pilihlah yang masih bagus dengan daun masih berwarna hijau dan tidak rontok. Untuk rasa yang lebih pedas, bersihkan kulitnya, ambil daging buah dan potong menjadi bentuk cincin. Kemudian panggang dengan bubuk cabai cayenne. Atau, belilah nanas beku untuk membuat tropical smoothie. Hmm, segar! 


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: