Tak Sekadar Bumbu Masak, Ketumbar Juga Bisa Bikin Kurus

TrubusLife
Ayu Setyowati
25 Agu 2018   16:00 WIB

Komentar
Tak Sekadar Bumbu Masak, Ketumbar Juga Bisa Bikin Kurus

Ketumbar mengandung beta kryptoxanthin, zeaxanthin dan lutein yang turut berperan sebagai zat antioksidan. (Sweet Honeybee health)

Trubus.id -- Jika selama ini Trubus Mania mengenal ketumbar sebagai rempah penyedap masakan, jangan anggap sepele karena ada banyak manfaat, yakni mengatasi masalah pencernaan dan infeksi, bahan baku untuk parfum, industri rokok, pewangi aromaterapi, hingga bahan pembuatan kosmetik maupun sabun mandi. Kali ini, kita hanya akan membahas bagaimana tanaman herbal mungil ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Tanaman ini memiliki nama latin Coriandrum sativum. Mengonsumsi ketumbar bisa mendukung kebutuhan harian kalsium hingga 8 persen, 10 persen zat besi, 4 persen vitamin C dan 68 persen vitamin K. Sehingga, dua sendok makan bubuk ketumbar mengandung kekayaan nutrisi:

  • 30 kalori
  • 1,8 gram lemak
  • 1,2 gram protein
  • 5,6 gram karbohidrat
  • 4 gram serat

Baca Lainnya : Atasi Mata Bengkak dengan 4 Jenis Herba

Efek Ketumbar untuk penurunan berat badan?

Menurut Medical News Today, ketumbar mengandung beta kryptoxanthin, zeaxanthin dan lutein yang turut berperan sebagai zat antioksidan. Termasuk keratenoid, beta karoten dalam kadar tinggi. Sehingga, ketumbar berperan sebagai anti bakteri, anti jamur, anti radang, serta membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh dan menjaga fungsi organ tubuh.

Jika peredaran darah lancar dan fungsi organ tubuh berjalan dengan baik, otomatis dapat mengatasi segala masalah pencernaan yang dialami seseorang seperti sakit perut, mual, diare, kejang usus, hingga perut kembung.

Ketika masalah pencernaan sudah selesai, mengonsumsi ramuan ketumbar secara rutin dapat menjaga stabilitas dan kesehatan organ tubuh. Sehingga, penyerapan vitamin dan mineral dari makanan yang dikonsumsi akan berfungsi dengan normal. Sekaligus menyingkirkan sisa-sisa makanan yang tak dibutuhkan tubuh dengan baik.

Baca Lainnya : Wangi, Tanaman Herbal Ini Mampu Usir Serangga

Bagaimana cara mengolah ketumbar, selain menjadikannya bagian dari bumbu masakan?

Ketumbar sudah tersedia di toko-toko obat herbal dalam bentuk bubuk, sirup, tablet, dan minyak.

Trubus Mania bisa merebus biji ketumbar dengan takaran: cuci bersih 250 gram ketumbar. Rebus di air yang sudah mendidih hingga warna air menjadi kecokelatan. Angkat air rebusan ketumbar dan saring dari ampas rebusan. Minum air ketumbar yang sudah bersih secara rutin, dua sampai tiga hari sekali dan simpan sisanya di kulkas.

Sebaiknya, tetap berkonsultasi dengan ahli herbal jika ingin rutin mengonsumsi ketumbar untuk menurunkan berat badan. Karena, ada beberapa perawatan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi bersamaan, misalnya pengobatan antidiabetes hingga reaksi hipersensitivitas. [DF]


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kebiasaan Masyarakat Tiongkok Minum Air Panas, Apa Manfaatnya?

Health & Beauty   16 Des 2019 - 14:55 WIB
Bagikan:          

Berenang Secara Rutin Baik untuk Kesehatan Anjing

Pet & Animal   16 Des 2019 - 11:04 WIB
Bagikan:          
Bagikan: