Bukan Dibikin Masker, Antiaging Alami Ini Sebaiknya Dikonsumsi

TrubusLife
Ayu Setyowati
21 Agu 2018   12:30 WIB

Komentar
Bukan Dibikin Masker, Antiaging Alami Ini Sebaiknya Dikonsumsi

Ilustrasi (Our Best Bites)

Trubus.id -- Tinggal di kota besar ataupun metropolitan membuat kamu perlu ekstra perhatian pada kesehatan kulit, Trubus Mania. Proses regenerasi kulit akan semakin melambat seiring bertambahnya usia. Nah, bayangkan jika hal tersebut ditambah dengan paparan polusi yang tinggi, stres, dan kualitas udara yang buruk. Tak heran jika kerutan halus dan rona kusam mulai muncul sebelum waktunya.

Jika kamu memasuki usia 30 tahun dan masih bingung memilih perawatan antiaging, ada cara alami dan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit dari dalam, yakni memilih asupan yang tepat untuk mencegah penuaan dini.  

Memang, beberapa jenis antiaging berikut ini juga baik dipakai sebagai masker, namun akan lebih baik jika dikonsumsi untuk merawat kulit dari dalam. 

Air untuk hidrasi 

Hidrasi adalah cara pertama yang paling mudah dan murah untuk dilakukan. Pentingnya asupan air untuk tubuh tak hanya dapat memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh, namun juga membantu kelancaran pencernaan, sirkulasi, penyerapan dan bahkan ekskresi. 

Jika kulit tidak mendapatkan jumlah air yang cukup, maka kulit akan mudah menjadi kering, tidak kencang dan bersisik, yang ujung-ujungnya lebih rentan terjadi kerutan.

Ubi sebagai sumber energi 

Ubi termasuk makanan murah khas Indonesia yang disukai mayoritas masyarakat. Seperti  ubi jalar, yang bisa memberi kamu dosis vitamin A untuk membantu mengurangi kerutan dan tanda penuaan lainnya. 

Ada beberapa krim topikal di pasaran yang mengandung vitamin A. Namun, menurut seorang dermatologis Joely Kaufman-Janette, MD, sebaiknya hindari menggunakan produk kulit ini terlalu sering karena dapat mengeringkan dan menyebabkan iritasi. Menambahkan ubi manis dan makanan lain yang kaya vitamin A sebagai bagian dari menu makan sehatmu akan lebih baik dan aman.

Alpukat  meningkatkan elastisitas 

Kaya akan lemak sehat, vitamin A dan C, serta serat, membuat alpukat menjadi makanan sehat yang hampir sempurna untuk meningkatkan elastisitas kulit dan melawan penuaan. Alpukat juga merupakan bahan umum dalam masker wajah buatan sendiri. 

Tetapi, Kaufman-Janette mengatakan bahwa lebih baik menambahkan alpukat sebagai makanan daripada mengaplikasikannya di wajah. "Masker dengan alpukat dapat menyebabkan pori-pori tersumbat," katanya. “Hindari penggunaan alpukat jika Anda rentan berjerawat."

Tomat sumber vitamin

Sebagai sumber vitamin C dan mengandung semua karotenoid utama—termasuk lycopene, tomat juga mengandung beta-karoten dan lutein yang terbukti melindungi kulit terhadap kerusakan dari matahari dan juga dapat membantu mencegah kerutan. 

Namun, karotenoid membutuhkan lemak untuk diserap, jadi pastikan untuk memadankan asupan tomat dengan sesuatu seperti keju atau minyak zaitun. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Jangan Sepele, Begini Caranya Agar Kita Tidak Kekurangan Vitamin C

Health & Beauty   14 Des 2019 - 23:51 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: