Fosil Kaki Raksasa Ditemukan di Florida, Milik Hewan Apa?

Ayu Setyowati
15 Agu 2018   20:30 WIB

Fosil Kaki Raksasa Ditemukan di Florida, Milik Hewan Apa?

Fosil raksasa yang ditemukan di Cape Coral, Florida. (BGR.com)

Trubus.id -- Baru-baru ini, kru penggalian pekerjaan umum di Cape Coral, Florida menemukan potongan tulang dari binatang purba yang memiliki ukuran menyerupai gajah. Benda tak biasa ini ditemukan ketika sedang menggali di kedalaman tanah 5 meter.

Fragmen tulang tersebut berukuran panjang sekitar 30 sentimeter dan lebar 25,4 sentimeter. Saat menemukan tulang purba ini, para pekerja sedang melakukan penggalian di area Chiquita Boulevard dan Pine Island Road sebagai bagian dari proyek perluasan utilitas yang bertujuan untuk memperbaiki saluran air, limbah, dan irigasi.

Fosil yang cukup besar ini diduga para ahli adalah pecahan rangka kaki depan milik mamut atau hewan nama ilmiah Mammut. Peneliti memperkirakan jika bongkahan tulang ini berasal dari sekitar 10.000 tahun lalu, saat periode Rancholabrean.

Baca Lainnya : 5 Fakta Menarik tentang Gajah yang Harus Diketahui

Pada periode tersebut mamut, bison, antelop, dan kuda menjelajahi semenanjung. Menurut Richard Hulbert dari Florida Museum of Natural History, fragmen tulang yang ditemukan tidak cukup jelas bagi ahli paleontologi untuk dapat menentukan milik hewan apa. Namun diasumsikan, tulang ini merupakan distal humerus atau tulang panjang kaki depan yang terletak di persendian milik hewan bergading tersebut.

"Ini adalah fragmen tulang yang cukup besar dan tidak mungkin menjadi satu-satunya tulang di daerah itu," ujar Ryan Franklin, assisten direktur dari Archeological and Historical Conservancy Inc dilansir dari IFL Science.

Baca Lainnya : Di Thailand, Gajah Membantu Menyebarkan Bibit Buah

Kebanyakan, jenis fosil ini ditemukan pada saat penggalian dalam untuk pencarian tertentu atau penelitian, pekerjaan utilitas, dan penggalian danau buatan. Dengan penemuan fosil ini, sangat mungkin untuk menemukan fosil lain di sekitarnya. Kemungkinan, ada lapisan fosil lain yang lebih besar di dekatnya, berisi sisa-sisa hewan ini.

Mamut dan mastodon diketahui menghuni Bumi pada saat bersamaan. Tapi, mereka adalah dua spesies yang berbeda dalam keluarga Proboscidean atau termasuk gajah modern. Mereka punya selera berbeda soal makanan. Mamut memakan rerumputan, sedangkan mastodon memakan daun dan dahan pada pohon. [DF]