5 Fakta Menarik tentang Gajah yang Harus Diketahui

TrubusLife
Astri Sofyanti
12 Agu 2018   16:00 WIB

Komentar
5 Fakta Menarik tentang Gajah yang Harus Diketahui

Gajah, hewan mamalia terbesar di dunia. (Istimewa)

Trubus.id -- Setiap tanggal 12 Agustus ditetapkan sebagai Hari Gajah Sedunia. Hewan mamalia darat terbesar ini memiliki kecerdasan dan digadang-dagang sebagai makhluk yang cinta damai. Bahkan, beberapa budaya yang ada di dunia secara khusus memuja gajah.

Peringatan hari gajah sedunia mengingatkan kita bahwa, kelangsungan hidup gajah semakin terdesak lantaran ulah sebagian manusia yang menganggap gajah sebagai hewan yang selalu menimbulkan konflik. Bahkan, tidak sedikit yang memburu hewan ini untuk diambil gadingnya.

Inilah 5 fakta tentang gajah yang harus Trubus Mania ketahui.

Terampil

Percaya atau tidak, meskipun gajah adalah makhluk besar, belalai mereka sangat terampil. Belalai gajah mampu mengambil telur atau bahkan sebutir beras.

Baca Lainnya : Di Thailand, Gajah Membantu Menyebarkan Bibit Buah

Pola Makan

Sebagai mamalia darat terbesar di Bumi, gajah dewasa bisa menghabiskan makanan sebanyak 300 pon dalam satu hari. Tidak sekadar memiliki pola makan luar biasa, gajah mampu mengunyah makanan selama 16 jam.

Hobi Berenang

Meski gajah termasuk hewan besar, ia punya hobi berenang. Saat berenang di air yang dalam, gajah menggunakan belalainya seperti alat snorkeling.

Baca Lainnya : Akhiri Perburuan Gajah, 563 Kilogram Gading Dimusnahkan di Prancis

Kehamilan

Gajah betina mengalami masa kehamilan selama 22 bulan sebelum melahirkan. Fakta lainnya ialah, semua bayi gajah terlahir dalam keadaan buta.

Seperti Terompet

Gajah menggunakan belalai mereka untuk mengekspresikan kegembiraan, agresi dan kesusahan. Ledakan suara dari belalainya, dikenal sebagai terompet, dapat didengar hingga enam mil jauhnya. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

6 Jenis Anjing Kalem yang Tidak Banyak Menyalak

Pet & Animal   16 Feb 2020 - 23:48 WIB
Bagikan:          

5 Fakta Menakjubkan Tentang Indra Penciuman Anjing

Pet & Animal   16 Feb 2020 - 23:41 WIB
Bagikan:          

Inilah Makanan yang Bantu Menenangkan Sindrom Kaki Gelisah

Health & Beauty   16 Feb 2020 - 23:35 WIB
Bagikan: