Meski Berlemak, 3 Makanan Ini Sebetulnya Sehat, Loh

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
11 Agu 2018   22:00

Komentar
Meski Berlemak, 3 Makanan Ini Sebetulnya Sehat, Loh

Keju, salah satu makanan tinggi lemak namun menyehatkan (Health Line)

Trubus.id -- Makanan sehat tidak melulu rendah lemak dan ramah dalam penurunan berat badan, loh. Ternyata, makanan yang tinggi lemak juga ada yang baik untuk kesehatan tubuh. Sebut saja lemak sehat, meski disebut lemak, lemak sehat adalah salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun porsinya juga harus dibatasi.

Dikutip dari Health Line, berikut 3 makanan yang super sehat namun tinggi kandungan lemaknya. 

Alpukat

Buah yang dikonsumsi sebagai kategori makanan diet ini ternyata mengandung banyak lemak! Berdasarkan Self Nutrition Data, kandungan lemak dalam alpukat sekitar 77 persen dengan tambahan kalori. Maka dari itu, alpukat disebut sebagai buah tinggi lemak. 

Asam lemak yang terkandung adalah lemak tak jenuh alias asam oleat. Asam ini juga terkandung pada minyak zaitun yang memang baik untuk kesehatan. Alpukat merupakan salah satu sumber potasium (kandungan mineral) terbaik untuk program diet, bahkan mengandung potasium 40 persen lebih banyak dibandingkan pisang.

Baca Lainnya : Kini, Ada Buah Alpukat yang Rendah Lemak Loh, Mau Coba?

Alpukat dapat menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan trigleserida (kalori tidak terpakai). Selain itu, alpukat juga dapat meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik). Meskipun buah ini tinggi lemak dan kalori, orang yang mengonsumsi alpukat cenderung memiliki lemak perut lebih sedikit dibanding mereka yang tidak mengonsumsinya.

Dark chocolate

Dark chocolate alias cokelat hitam mengandung banyak lemak dengan kandungan nutrisi dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Makanan ini sangat efektif untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Baca Lainnya : Konsumsi Cokelat Saat Sarapan, Ini Manfaat Sehatnya

Selain itu, berdasarkan studi National Center for Biotechnology Information, dark chocolate dapat meningkatkan fungsi otak dan melindungi kerusakan kulit dari paparan sinar matahari. Pastikan dark chocolate yang kamu konsumsi mengandung 70 persen kakao agar kandungan nutrisinya berkualitas.

Keju

Keju merupakan salah satu makanan kaya nutrisi. Satu iris keju dapat mengandung jumlah nutrisi yang sama dengan segelas susu. Keju merupakan sumber vitamin, mineral, protein berkualitas, dan lemak sehat.

Baca Lainnya : Kurang Makan Keju Berisiko Penyakit Jantung atau Stroke, Masa Sih?

Meskipun mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan, kamu harus hati-hati dalam menentukan porsinya. Jika kamu makan keju berlebihan, hal inilah yang menyebabkan tubuh menjadi gemuk, karena keju merupakan salah satu makanan yang tinggi lemak. [RN]


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Polusi Udara Meningkatkan Risiko Diabetes

Diah Fauziah   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: