Cek Posisi Tidur Favoritmu, Baik atau Tidak untuk Kesehatan?

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
10 Agu 2018   19:30

Komentar
Cek Posisi Tidur Favoritmu, Baik atau Tidak untuk Kesehatan?

Posisi tidur berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. (The Dreampad)

Trubus.id -- Apa posisi tidur favorit Trubus Mania? Tengkurap, menyamping atau telentang? Anyway, Trubus Mania tahu enggak kalau posisi tidur berpengaruh pada kesehatan tubuh?

Sebuah studi mengungkapkan, beberapa posisi tidur yang baik bagi tubuh dan adapula yang sebaiknya dihindari. Ini empat posisi tidur terbaik dan terburuk untuk kesehatan, dikutip dari Daily Mail.

1. Meringkuk

Tidur meringkuk seperti janin di dalam kandungan disebut sebagai posisi paling nyaman. Tapi sebaiknya, posisi tidur sepert ini harus dihindari karena lebih banyak memberi pengaruh buruk.

Baca Lainnya : Ingin Tidur Nyenyak, Coba Pakai Kaus Kaki

"Kita mungkin tidak menyadari posisi tidur seperti itu memicu tubuh berada pada mode hadapi atau hindari. Saat tidur dalam posisi itu, tubuh akan memberi sinyal pada sistem saraf pusat jika sedang menghadapi masalah. Tentu, itu tidak baik saat tidur," kata Elina Winnel, pakar kesehatan tidur.

2. Menyamping

Tidur dengan posisi tubuh miring ke kiri atau kanan akan lebih baik daripada tidur meringkuk. Gunakan bantal pada kepala dan juga di samping tubuh untuk membantu menopang tubuh kala tidur.

"Dari perspektif struktur, saraf dan otot tubuh, serta aliran udara, posisi ini lebih bersahabat untuk tubuh. Sistem pencernaan juga lebih baik, khususnya saat tidur menyamping ke kiri, melihat jalannya esofagus ke perut," jelas dr. Ron Ehrlich, penulis A Life Less Stressed.

3. Tengkurap

Menurut dr. Ron, tengkurap adalah posisi tidur terburuk. Saat tidur dengan kondisi perut tertekan, otot-otot yang ada di kepala, leher dan rahang jadi menegang. Sendi rahang juga jadi tegang, bisa membuat punggung serta tulang panggul terkilir. Selain itu, pernapasan pun ikut terganggu.

Baca Lainnya : 90 Menit, Durasi Ideal Tidur Siang

"Tidur tengkurap bisa menambah tekanan pada seluruh tubuh. Saat bangun tidur, tubuh akan merasa kebas dan kesemutan. Posisi ini juga meningkatkan risiko nyeri otot dan persendian," ucap Shelby Harris, pakar pengobatan tidur.

4. Telentang

Posisi tidur terbaik yang dianjurkan pakar kesehatan. Saat seseorang tidur dengan posisi telentang, leher, kepaa, dan dada bagian atas ikut merenggang.

"Bahu dan punggung bisa relaks, membantu mengatasi gangguan asam lambung," ucap Dr. Mark T. Brown. [DF]

 

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Kosmetik Berbahan Ganja Bakal Jadi Tren di 2019?

Ayu Setyowati   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: