Batalkan Konser, Pink Terserang Gastric Virus, Apa Itu?

TrubusLife
Ayu Setyowati
09 Agu 2018   20:00 WIB

Komentar
Batalkan Konser, Pink Terserang Gastric Virus, Apa Itu?

Pink. (ET)

Trubus.id -- Penyanyi terkenal, Pink, terpaksa membatalkan konsernya di Australia karena alasan kesehatan. Live Nation sebagai promotor konsernya mengungkapkan bahwa Pink harus dirawat di rumah sakit karena sempat mengalami dehidrasi, dan diperbolehkan pulang.

Namun, pada Minggu (5/8) kemarin, Pink kembali dirawat di rumah sakit. Setelah menjalani serangkaian diagnosa, ia divonis gastric virus. Mengutip berbagai sumber, gastric virus disebut sebagai viral gastroenteritis. Masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai flu perut. Disebut juga diare infeksius karena adanya virus yang menyerang tubuh.

Jenis virus yang bisa menyebabkan penyakit ini adalah rotavirus, adenovirus, norovirus dan astrovirus. Penyakit ini ditandai dengan gejala seperti diare, sakit perut, muntah, sakit kepala dan terkadang demam. Dehidrasi, seperti yang dialami Pink, merupakan salah satu gejala gastric virus. Nah, gejala ini akan muncul dalam kurun waktu satu hingga tiga hari setelah seseorang terinfeksi, tergantung penyebabnya.

Baca Lainnya : Pink, Perempuan Tercantik 2018 di Dunia

Penyebab paling utama yang berpotensi menginfeksi adalah makanan dan minuman yang terinfeksi. Bagi orang yang punya kekebalan tubuh tinggi, penyakit ini bisa diatasi tanpa komplikasi serius. Namun, untuk bayi, orangtua dan orang dengan masalah imun, gastric virus bisa menjadi penyakit mematikan.

Penyakit ini berpotensi menyerang seseorang yang sedang liburan ke luar kota. Ketika bepergian ke luar negeri, Trubus Mania bisa terinfeksi virus ini dari makanan atau minuman yang terkontaminasi. Bersentuhan langsung dengan orang yang terinfeks,i berpotensi menyebarkan penyakit tersebut, loh.

Pencegahan

  • Mengonsumsi minuman botol yang higienis.
  • Hindari minum es batu karena berpotensi terbuat dari air terkontaminasi.
  • Hindari makanan mentah, termasuk buah kupas, sayur dan salad, yang kemungkinan tersentuh tangan manusia. Hindari daging dan ikan mentah.
  • Rajin mencuci tangan dengan sabun.
  • Mengelola saluran pembuangan kotoran manusia dengan baik.
  • Pemberian ASI dan vaksinasi rotavirus juga disarankan untuk bayi. [DF]


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: