Kerja 4 Hari Seminggu Terbukti Meningkatkan Produktivitas

TrubusLife
Ayu Setyowati
09 Agu 2018   15:30 WIB

Komentar
Kerja 4 Hari Seminggu Terbukti Meningkatkan Produktivitas

Eksperimen di Selandia Baru menunjukkan bahwa setiap karyawan memiliki produktivitas yang lebih besar serta keseimbangan kerja dan tingkat stres yang lebih rendah ketika bekerja hanya empat hari seminggu. (Good Call)

Trubus.id -- Baru-baru ini, eksperimen di Selandia Baru menunjukkan bahwa setiap karyawan memiliki produktivitas yang lebih besar serta keseimbangan kerja dan tingkat stres yang lebih rendah ketika bekerja hanya empat hari seminggu, dilaporkan CNN.

Para peneliti melakukan percobaan dua bulan, melibatkan 240 karyawan Perpetual Guardian, perusahaan yang menyediakan layanan wasiat dan manajemen perkebunan atau tanah. Percobaan dilakukan sejak awal Maret hingga akhir April.

Jarrod Haar dari Auckland University of Technology, peneliti yang terlibat dalam proyek tersebut menyatakan jika kunci keberhasilan percobaan adalah saran staf yang diberi kebebasan untuk mendesain ulang sesuatu.

Baca Lainnya : Dibandingkan Negara Lain, Orang Indonesia Paling Sedikit Stres

"Percobaan bisa menjadi model untuk tempat kerja lain dan menjadi cara revolusioner untuk bekerja," kata Haar.

Hasilnya, keseimbangan kehidupan kerja meningkat dari 54 persen menjadi 78 persen, di mana tingkat stres karyawan menurun sekitar 7 persen dan keterlibatan tim naik 20 persen.

"Karyawan jadi lebih produktif lantaran menghabiskan lebih sedikit waktu di media sosial dan kegiatan lain yang tidak terkait dengan pekerjaan. Mereka juga menjadi lebih termotivasi, bersemangat dan loyal terhadap perusahaan," ucap Andrew Barnes, CEO Perpetual Guardian.

Baca Lainnya : Yuk, Kelola Stres Kerja dengan 6 Cara Ini 

Di Selandia Baru, percobaan ini sangat signifikan, yang menurut Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi (OECD) memiliki produktivitas tenaga kerja lebih rendah dibandingkan negara lain.

Well, apakah metode ini bisa diterapkan di negara lain, terutama di Indonesia? [DF]


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kebiasaan Masyarakat Tiongkok Minum Air Panas, Apa Manfaatnya?

Health & Beauty   16 Des 2019 - 14:55 WIB
Bagikan:          

Berenang Secara Rutin Baik untuk Kesehatan Anjing

Pet & Animal   16 Des 2019 - 11:04 WIB
Bagikan:          
Bagikan: