Daripada Weekend, Ambil Libur di Rabu Ternyata Lebih Sehat 

TrubusLife
Ayu Setyowati
08 Agu 2018   23:00 WIB

Komentar
Daripada <i>Weekend</i>, Ambil Libur di Rabu Ternyata Lebih Sehat 

Ilustrasi. (Etsy)

Trubus.id -- Pertengahan minggu begini, Trubus Mania pasti sedang menunggu saatnya mengucapkan Thanks God it's Friday agar bisa cepat-cepatlibur akhir pekan, kan? Tenang, kamu tak lagi harus menunggu Jumat untuk libur. Para ahli mengatakan bahwa, untuk mendapatkan waktu re-charge tubuh yang maksimal saat liburan, pilih Rabu, bukan weekend.

Menurut sains, jika Senin sampai Jumat adalah jadwal kerja normal Trubus Mania, kalian akan merasa lebih santai dan segar jika mengambil waktu libur setelah dua hingga tiga hari kerja. Kuncinya adalah memberi diri sendiri sebuah ritme harian dan menghancurkan tirani kerja melewati jam kerja mingguan. 

"Lepaskan tirani kerja overtime. Pengalaman hidup manusia dipengaruhi oleh ritme, baik internal (seperti menjadi orang yang biasa bangun pagi, atau tidur malam) dan juga eksternal seperti seminggu penuh bekerja dengan deadline," kata Dawna Ballard, profesor ahli komunikasi di University of Texas di Austrin dikutip dari CNN.

Baca Lainnya : Anak Muda Zaman Now Butuh Pengakuan Sosial, Bukan Sekadar Liburan

"Setiap orang punya kronotipe berbeda. Beberapa orang punya pergerakan yang pelan dan beberapa lainnya lebih cepat," ucap Dawna.

Mengambil libur pada Rabu, dianggap akan mengganggu pekerjaan secara eksternal. Namun, akan memberi kamu kesempatan untuk menemukan kembali ritme internal. Libur rabu akan membantu menggeser keseimbangan antara kecepatan dan pekerjaan, sesuai keinginan.

Salah satu kebiasaan di kehidupan modern adalah ritme internal dan eksternal seringkali berlawanan. Inilah sebabnya mengapa sangat sulit untuk mulai bekerja di Senin. Betul kan?  

"Anda mulai kembali bekerja setelah akhir pekan dan mulai kembali menjalankan ritme normal. Ini seperti Anda harus mulai bergerak dalam ritme normal, kemudian mundur lagi ke ritme santai akhir pekan, kemudian mulai lagi ritme normal. Ada pergesekan di dalamnya," tutur Dawna.

Baca Lainnya : Jaga Kesehatan Jantung dengan 5 Makanan dan Minuman Ini

Mengambil libur pada Rabu dianggap memiliki banyak keuntungan lain. Beberapa hal yang jelas adalah tempat liburan yang sepi. Pantai, taman, museum, dan bioskop yang tak padat orang. Namun, itu bukan satu-satunya alasan mengapa mengambil libur pada Rabu itu penting. Alasan utama adalah untuk menjaga kesehatan.

"Ketidaksejajaran kronis antara gaya hidup dan ritme kerja yang didikte oleh waktu dikaitkan dengan peningkatan risiko berbagai penyakit," tulis Jeffrey C. Hall, Michael Rosbash dan Michael W. Young, pemenang nobel 2017 untuk penelitian tentang jam tubuh manusia.

Well, apakah kamu sudah merencanakan untuk cuti Rabu depan? [DF]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Jangan Sepele, Begini Caranya Agar Kita Tidak Kekurangan Vitamin C

Health & Beauty   14 Des 2019 - 23:51 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: