Tak mau Lemas, Hindari Konsumsi 6 Makanan Ini Saat Sarapan

TrubusLife
Ayu Setyowati
07 Agu 2018   22:30 WIB

Komentar
Tak mau Lemas, Hindari Konsumsi 6 Makanan Ini Saat Sarapan

Satu buah <i>muffin mengandung 600 hingga 800 kalori, tidak cocok dijadikan kudapan untuk sarapan. (inspirated taste)

Trubus.id -- Pernah merasa lemas padahal sudah sarapan? Well, sarapan memang penting, tapi lebih penting lagi jika memperhatikan menu yang dipilih. Jangan sampai salah dan bikin tubuh lemas.

Ada beberapa menu sarapan yang dianjurkan disantap sebagai sumber energi, namun ada juga beberapa makanan yang harus dihindari. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut 6 menu sarapan yang sebaiknya tak dikonsumsi lagi pagi hari.

1. Sereal tanpa serat

Sereal baik dikonsumsi sebagai menu sarapan. Tapi, pastikan sereal yang dimakan mengandung serat. Sereal tanpa serat tidak akan memberikan dampak positif pada tubuh.

Kandungan karbohidrat dan gula yang tinggi pada sereal tanpa serat justru akan memicu lonjakan gula darah. Mengonsumsi sereal juga harus dikombinasikan dengan buah beri, taburan biji-bijian atau kacang almond.

2. Waffle atau pancake beku

Foto: loveless cafe.

Jangan mengandalkan waffle atau pancake beku sebagai menu sarapan. Karbohidrat yang mengendap pada makanan ini membuat kamu sulit fokus saat beraktivitas. Dibanding mengambil jalan pintas dengan makan pancake beku, lebih baik membuat pancake segar. Selain lebih enak, pancake segar lebih bagus untuk pencernaan.

3. Smoothie kemasan

Kebanyakan, smoothie kemasan di toko mengandung sedikit buah dan sayuran asli. Smoothie ini kebanyakan terbuat dari gula dan sirup jagung fruktosa tinggi. Menjadikan smoothie kemasan sebagai menu sarapan sama saja menaikkan berat badan secara bertahap. Sebaiknya konsumsi smoothie yang dibuat sendiri di rumah. Jangan lupa menambahkan bayam dan kale agar lebih kaya nutrisi.

Baca Lainnya : Konsumsi Cokelat Saat Sarapan, Ini Manfaat Sehatnya

4. Donat

Mengandung gula, karbohidrat dan lemak tinggi, menjadikan donat sebagai hidangan yang paling harus dihindari saat sarapan. Daripada menyantap donat sebagai menu sarapan, sebaiknya ganti dengan segenggam kacang atau telur rebus.

5. Muffin

Jangan tertipu dengan muffin lantaran kudapan ini tidak cocok dijadikan menu sarapan. Sebuah muffin mengandung kalori sekitar 600 hingga 800, penyebab utama kegagalan diet. Kalau tetap mau makan muffin, makan hanya setengah porsi lalu kombinasikan dengan yoghurt. Ini bisa jadi santapan yang lebih sehat dan juga enak.

6. Daging olahan dan sosis

Menurut ahli jantung Joel Kahn MD dalam The Holistic Heart Book, peneliti Harvard telah menemukan bahwa setiap 1,8 ons daging olahan yang dimakan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 42 persen. Jadi, jangan lagi menjadikan daging olahan sebagai makanan sarapan. Boleh saja mengonsumsi daging dan sosis olahan sebagai pelengkap, bukan sebagai makanan utama. Perhatikan juga asupan porsi yang masuk ke dalam tubuh, ya. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kebiasaan Masyarakat Tiongkok Minum Air Panas, Apa Manfaatnya?

Health & Beauty   16 Des 2019 - 14:55 WIB
Bagikan:          

Berenang Secara Rutin Baik untuk Kesehatan Anjing

Pet & Animal   16 Des 2019 - 11:04 WIB
Bagikan:          
Bagikan: