Cile Negara Pertama di Amerika Selatan yang Melarang Penggunaan Kantong Plastik

TrubusLife
Ihsan Maulana
05 Agu 2018   16:00 WIB

Komentar
Cile Negara Pertama di Amerika Selatan yang Melarang Penggunaan Kantong Plastik

Ilustrasi (Pixabay/MabelAmber)

Trubus.id -- Kampanye pelarangan penggunaan kantong plastik menjadi salah satu agenda penting di dunia. Hal ini mulai dilakukan mengingat sudah banyaknya dampak negatif penggunaan kantong plastik, terutama pada alam dan hewan setelah berbentuk sampah. Beberapa negara di dunia juga mulai serius dalam menerapkan larangan tersebut, salah satunya adalah Chile.

Baru-baru ini, negara tersebut menerbitkan undang-undang yang melarang penggunaan komersial tas plastik. Istimewnya, Chile pun menjadi negara Amerika Selatan pertama yang memiliki undang-undang terkait penggunaan plastik.

Diketahui, UU tersebut sudah disetujui oleh Kongres dan disahkan oleh Presiden Sebastián Pinera. 

Baca Lainnya : Ketahuan Pakai Kantong Plastik Sekali Pakai, Warga di Mumbai Didenda Rp5,2 Juta

Dengan kebijakan ini, maka toko-toko kecil diberi waktu hingga dua tahun untuk beradaptasi dengan larangan kantong plastik secara total. Toko dan perusahaan bisnis yang berskala lebih besar diberi waktu hingga enam bulan untuk berhenti menggunakan kantong plastik. Mereka juga hanya diizinkan membagikan dua kantong plastik per pelanggan saja. 

Apabila ada perusahaan yang melanggar aturan tersebut, maka akan menghadapi denda 370 dolar AS. Presiden Pinera mengungkapkan, langkah ini merupakan langkah besar untuk mewujudkan Chile yang lebih bersih.

"Disini kami ingin meninggalkan budaya sekali pakai, di mana semuanya digunakan dan dibuang, menuju budaya daur ulang yang sehat," ujarnya, dilansir dari BBC, Minggu (5/8). Sebelumnya, ia menyerahkan tas kain yang bisa digunakan kembali pada upacara menandai larangan pelarangan kantong plastik pada Jumat (3/8) lalu.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Hati-Hati, 8 Penyakit Ini Ditandai dengan Keringat Dingin

Health & Beauty   19 Jan 2020 - 17:35 WIB
Bagikan: