Ingin Tidur Nyenyak, Coba Pakai Kaus Kaki

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
03 Agu 2018   12:00

Komentar
Ingin Tidur Nyenyak, Coba Pakai Kaus Kaki

Ingin Tidur Nyenyak, Coba Pakai Kaus Kaki (Istimewa)

Trubus.id -- Susah tidur bisa jadi masalah besar untuk beberapa orang, apalagi di era digital seperti saat ini. Berbagai cara dari membaca buku sampai minum susu cokelat hangat mungkin masih tak ampuh untuk membuat kamu tertidur lelap. Namun tahukah kamu bahwa memakai kaus kaki saat tidur bisa membantumu mendapatkan tidur yang nyenyak?

Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa kaus kaki hanya digunakan untuk kegiatan luar ruangan atau hanya sekadar untuk aksesoris tidur, namun bagi sebagian lainnya kaus kaki dipercaya bisa membuat tidur menjadi lebih nyaman, loh.  

Anggapan itu ternyata dibenarkan oleh penelitian yang dilakukan oleh Sleep Laboratory di Basel, Swiss. Mereka melihat bahwa ada hubungan antara suhu tangan dan kaki, dengan kecepatan orang tertidur pulas.

Baca Lainnya: Menurut Para Ahli, Tidur 8 Jam Belum Tentu Sehat, Kok Bisa?

Dilansir dari CNN, sekelompok responden pria muda terbukti bisa tidur lebih cepat setelah kakinya merasa hangat.

Ketika pembuluh darah di kaki dan tangan membesar, atau disebut vasodilatasi, panas itu akan didistribusikan ke seluruh tubuh. Dalam studi itu menunjukkan bahwa vasodilatasi ke jari-jari kaki dan tangan tersebut bisa membantu orang tertidur dalam waktu singkat.

Kaki dan tangan yang dibalut oleh penghangat, perlahan membuat tubuh menjadi panas. Seketika tubuh mulai masuk ke dalam jeda tidurnya. Seiring dengan turunnya tekanan darah, otak menerima pesan dari tubuh agar bersiap untuk tidur. Sementara itu hormon tidur melatonin mulai meningkatkan produksinya.

Baca Lainnya: Tidur di sarang Burung, Seperti Apa Sensasinya?

Sementara itu, selain kaus kaki, ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk menghangatkan kaki ketika akan tidur. Berikut adalah trik yang disarankan oleh National Sleep Foundation:

1. Menempatkan botol air panas maupun bantal di antara telapak kaki, sebelum tidur.

2. Menggunakan selimut ekstra untuk membalut kaki agar lebih hangat.

3. Membeli sepasang kaus kaki kashmir untuk tidur.

4. Melakukan beberapa pemanasan sebelum berbaring ke tempat tidur.

Selain itu, mandi air hangat juga bisa menjadi pilihan sebelum pergi tidur. Jangan lupa memasang aromaterapi lavender untuk membantumu lebih tenang.

Sleep tight!

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Perempuan Ini Jadikan Ayam sebagai Pet Layaknya Anjing

Karmin Winarta   Health & Beauty
Bagikan:          

Manfaat Dahsyat Jeruk Purut, Obati Kelelahan

Karmin Winarta   Health & Beauty
Bagikan: