Keren, Peneliti Rusia Berhasil Menghidupkan Cacing Gelang yang Sudah Beku 42 Ribu Tahun

Diah Fauziah
01 Agu 2018   10:30 WIB

Cacing gelang yang berhasil dihidupkan kembali oleh peneliti Rusia setelah membeku 42 ribu tahun. (Istimewa)

Trubus.id -- Beberapa waktu lalu, para ilmuwan Rusia melaporkan jika mereka berhasil menghidupkan kembali dua spesies cacing gelang atau nematoda beku yang berusia 30 ribu dan 42 ribu tahun.

Awalnya, peneliti ingin tahu apakah organisme multisel dapat dihidupkan kembali setelah membeku dalam waktu lama. Untuk itu, mereka mengumpulkan 300 sampel permafrost, lapisan tanah yang terus membeku dari berbagai usia dan daerah di Siberia. Setelah itu, para peneliti kembali ke laboratorium dan berusaha menghidupkan kembali organisme di dalam endapan tersebut.

Baca Lainnya : Ngeri, 14 Cacing Raksasa Bersarang di Perut Perempuan Ini

Ternyata, peneliti berhasil melacak tanda-tanda kehidupan dari cacing gelang berdasarkan dua sampel yang dikumpulkan setelah mengekstrasinya. Satu sampel didapatkan dari lubang fosil tupai di dekat Sungai Alazeya di bagian timur laut Yakutia, Rusia. Diperkirakan, dari endapan yang berusia 32 ribu tahun.

Sampel permafrost lainnya berasal dari Sungai Kolyma di timur laut Siberia, di mana usia endapan sekitar 42 ribu tahun. Penelitian yang dilakukan oleh empat lembaga berbeda di Moskow yang bekerja sama dengan Universitas Princeton di Amerika Serikat ini telah diterbitkan di jurnal Doklady Boiological Sciences edisi Mei 2018.

Baca Lainnya : Mengenal Cacing Anisakis sp yang Ada di Ikan Kalengan

"Kami telah memperoleh data yang menunjukkan kemampuan cacing gelang tertidur dalam jangka panjang di permafrost Arktik," tulis laporan itu.

Peneliti mengatakan jika durasi kriopreservasi (pendinginan sel atau organ dalam suhu sangat rendah) alami dari nematoda, sesuai dengan usia deposita, yakni 30 ribu hingga 40 ribu tahun.

Meski berukuran kecil, sekitar satu milimeter, nematoda memiliki kemampuan luar biasa karena bisa hidup hingga 1,3 meter di bawah permukaan laut. Artinya, nematoda bisa hidup lebih dalam dibanding organisme multisel lain. [DF]