Daun memiliki bentuk unik yang berbeda satu sama lain

TrubusLife
Diah Fauziah
20 Sep 2017   23:30 WIB

Komentar
Daun memiliki bentuk unik yang berbeda satu sama lain

Udara dingin dan panas matahari pengaruhi bentuk daun yang berbeda. (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Daun memiliki bentuk unik yang berbeda satu sama lain. Untuk menghasilkan bentuk daun yang sempurna, tumbuhan memerlukan air dan sinar matahari yang cukup.

Kita semua tahu daun akan tumbuh bagus dan besar jika menerima suplai air yang cukup. Sebaliknya, daun akan menciut jika kekurangan air dan mendapat sinar matahari yang berlebihan.

Setiap tumbuhan butuh air untuk tumbuh, dan juga sinar matahari untuk melakukan proses fotosintesis. Namun, terlalu banyak sinar matahari juga kurang bagus karena akan mengganggu proses fotosintesis dan berisiko daun jadi terbakar.

Baca Lainnya : Daun Beluntas Mampu Hilangkan Bau Anyir Daging Itik, Caranya?

Seorang peneliti dari Australia mempelajari 7.000 tanaman dari seluruh dunia dan menemukan sebuah variabel baru dalam matematika alam. Bukan hanya intensitas sinar matahari yang harus dipantau untuk memelihara kesehatan daun, namun dingin yang datang di malam hari juga harus jadi perhatian.

Ian Wright dari Macquarie University Sydney memaparkan pada BBC, “Adanya udara dingin dan panas matahari membantu kita memahami pola ukuran daun yang ada di seluruh dunia".

Faktanya, tumbuhan perlu mendapat perhatian khusus ketika menyerap udara dingin lebih banyak daripada mendapat sinar matahari berlebih. “Batas keseluruhan ukuran daun ditentukan oleh risiko udara dingin di malam hari ketimbang udara panas di siang hari,” kata Ian.

Baca Lainnya : Inilah Tiga Jenis Aglaonema, Ratu Daun Pemikat Hati

Penelitian yang sama pernah dilakukan ilmuwan dari Macquarie University Sydney pada tahun 2003. Hasilnya menunjukkan bentuk daun dengan sudut tajam otomatis mengurangi jumlah cahaya yang terserap sehingga umumnya daun tajam lebih meneduhkan. Sebaliknya, daun bulat menangkap cahaya lebih banyak sehingga menghasilkan oksigen yang lebih banyak. [WO/DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kiprah 3 Srikandi Berkarya Bagi Negeri di Masa Pandemi

Selebrity   07 Agu 2020 - 14:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: