Dampingi Gerhana Bulan Total, Ini Fakta Unik Mars pada 28 Juli

TrubusLife
Ayu Setyowati
27 Juli 2018   21:00 WIB

Komentar
Dampingi Gerhana Bulan Total, Ini Fakta Unik Mars pada 28 Juli

Gerhana Bulan Total (Bustle)

Trubus.id -- Weekend ini, tepatnya Sabtu (28/7), kita akan menyaksikan sebuah fenomena langit langka, yaitu Gerhana Bulan Total (GBT). Gerhana yang merupakan yang terlama pada abad ke-21 ini memiliki banyak keistimewaan, salah satunya karena kemunculannya yang didampingi Mars.

"Gerhana Bulan ini bertepatan dengan saat Mars berada pada posisi terdekat dengan Bumi dalam 15 tahun terakhir," kata Marufin Sudibyo, astronom amatir, dikutip dari Kompascom.

Posisi Terdekat Mars

Planet merah memang akan berada di posisi terdekat (hanya 57,58 juta kilometer) dengan Bumi pada 31 Juli 2018, hanya berselisih 3 hari saja dengan gerhana bulan total. Sebagai perbandingan, Bumi dan Mars rata-rata berjarak 225 juta kilometer dan jarak terjauhnya 401 juta kilometer. Ini artinya Bumi dan Mars akan seperempat kali lebih dekat dari biasanya.

Terlihat Terang

Dengan jarak begitu dekat, Mars akan terlihat jauh lebih besar dan lebih terang. Setidaknya sepanjang Juli kita akan melihat benda langit dengan sinar paling terang di antara bintang lainnya. Artinya, saat GBT terjadi, Mars sedang menuju posisi terdekatnya dengan Bumi. Itu membuat sinar terang Mars akan berdampingan dengan GBT. "Magnitudonya (Mars) diperkirakan -2,7 (normalnya hanya -0,5) sehingga jauh lebih mudah diamati," kata Marufin.

Baca Lainnya: Penampakan Sarang Lebah di Planet Mars, Apakah Itu?

Sepanjang Malam

Menurut Marufin, Mars akan terlihat sepanjang gerhana bulan total terjadi. Itu karena Mars sedang beroposisi dengan matahari. Oposisi Mars – Matahari adalah saat Bumi, Mars dan Matahari terletak dalam satu garis lurus dengan kedudukan Bumi di tengah-tengah. Artinya, kedudukan Mars akan bertolak belakang terhadap Matahari.

"Dengan kata lain, pada saat oposisi Mars terjadi maka planet itu tepat akan terbit kala Matahari terbenam, demikian pula sebaliknya," kata Marufin. Saat oposisi Mars terjadi maka ia akan berada pada kondisi paling terang dan jaraknya ke Bumi pun adalah yang terpendek.

Baca Lainnya: BMKG: Gerhana Bulan Total Terlama Akan Berlangsung 28 Juli 2018 Mendatang

Meski akan terlihat sepanjang gerhana terjadi, tapi ada waktu tertentu Mars menjadi terlihat paling bagus. "Hanya saja (Mars) paling bagus saat totalitas gerhana terjadi. Sebelum itu kecemerlangannya terganggu oleh cahaya Bulan," ujar Marufin.

Lokasi

Tapi yang jadi pertanyaan adalah di mana posisi planet Mars saat gerhana bulan terjadi? Mutoha Arkanuddin, Pembina Jogja Astro Club mengatakan bahwa posisi Mars dan bulan pada 28 Juli mendatang sangat dekat, yakni di selatan bulan.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Kucing Pertama yang Terinfeksi Virus Corona Ditemukan di Belgia

Pet & Animal   28 Mar 2020 - 22:49 WIB
Bagikan:          
Bagikan: