Ketahuan Melempar Batu ke Panda, Wisatawan China Diusir dari Cagar Alam

TrubusLife
Diah Fauziah
25 Juli 2018   12:00 WIB

Komentar
Ketahuan Melempar Batu ke Panda, Wisatawan China Diusir dari Cagar Alam

Panda. (China Daily File.)

Trubus.id -- Baru-baru ini, wisatawan asal China dipaksa keluar dari Cagar Alam Nasional Foping di Hanzhong, Provinsi Shaanxi di China kedapatan melempar batu ke panda. Perlindungan panda raksasa langka berada di bawah Kementerian Kehutanan tahun 1978.

Pelaku mencoba membuat panda tersebut bergerak, kata Yang, saksi mata saat menuturkan kepada The South China Morning Post, Senin (23/7). Lebih dari 20 orang berkerumun di sekitar panda, di mana para pengunjung berteriak agar hewan tersebut tidak diam saja. Lalu, seorang pria berkaos putih melemparkan batu ke arah panda.

Baca Lainnya : Panda di Taman Safari Dapat Penghargaan Internasional

"Mungkin, dia berpikir untuk menarik perhatian panda dengan cara tersebut," kata Yang.

Namun, manajer pemasaran cagar alam, Yan Xihai, mengatakan jika ada banyak turis yang melempar batu ke mamalia raksasa tersebut.

"Insiden ini terjadi di tempat di mana panda umumnya tidak datang atau berkeliaran. Jadi, kami tidak memiliki kamera pengintai yang dipasang di daerah itu," ucap Yan.

Baca Lainnya : Idap Penyakit Misterius, 12 Panda Kehilangan Lingkaran Hitam di Matanya 

Setidaknya, empat turis yang melempar batu ke panda telah diberi peringatan oleh petugas cagar alam dan diminta untuk pergi dari wilayah tersebut. Manajemen cagar akam telah memasukkannya ke dalam daftar hitam. Artinya, mereka tidak boleh lagi berkunjung ke cagar alam tersebut.

Penganiayaan terhadap panda dan hewan lain di cagar alam di China bukan hal baru. Pada April 2018 lalu, pengunjung di sebuah kebun binatang di Fujian membunuh satu ekor kanguru serta melukai yang lain setelah melemparkan batu batu dan potongan beton untuk membuat mereka bergerak. Sementara itu pada Mei 2018, seorang pengunjung melukai burung merak dengan merobek bulu-bulu halus mereka di Liwan Zoo di Provinsi Jiangsu. [DF]


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: