Panda di Taman Safari Dapat Penghargaan Internasional

TrubusLife
Astri Sofyanti
25 Juli 2018   10:00 WIB

Komentar
Panda di Taman Safari Dapat Penghargaan Internasional

Giant Panda (Istimewa)

Sejak September 2017 lalu, Taman Safari Indonesia (TSI) yang berada di Cisarua, Bogor, Jawa Barat kedatangan satwa endemic China yang juga menjadi ikon dunia. Setelah hampir beberapa bulan berada di Indonesia panda raksasa yang diberi nama Cai Tao itu mendapatkan penghargaan internasional.

Penghargaan bergengsi itu dianugerahkan langsung oleh Giant Panda Global Award atau GPGA.

Kepala Hubungan Masyarakat Taman Safari Indonesia Yulius baru-baru ini mengatakan Cai Tao merupakan salah satu giant panda koleksi TSI yang mendapat penghargaan bertafar internasional.

GPGA sendiri adalah sebuah acara pemberian penghargaan yang diadakan di Berlin, Jerman setiap tahunnya. Kegiatan ini diadakan sebuah organisasi yang diketuai Jeroen Jacobs.

Baca Lainnya: Liburan Panjang, Taman Safari Bogor Persembahkan Istana Panda

"Penghargaan yang diterima Cai Tao untuk kategori panda terfavorit yang berada di luar China," kata Yulius.

Jansen Manansang Direktur TSI pun mendapat Bronze Award dengan kategori jerih payah telah mendatangkan giant panda sebagai salah satu koleksi TSI. Juga sebagai pelaku yang melakukan konservasi panda di Indonesia.

Pemberian penghargaan dijadwalkan akan dilakukan Sabtu (28/7) mendatang bersamaan dengan rangkaian acara Hari Konservasi Alam Nasional, di Area Istana Panda Indonesia TSI.

Selain TSI, pihak lain yang juga mendapat penghargaan dari GPGA adalah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Ia dinilai telah berkontribusi besar dalam pembina di bidang konservasi secara global.

Baca Lainnya: Lawatan Diplomasi PM China Diawali Tanam Pohon Kamper

Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk Indonesia Xuao Qian pun mendapat penghargaan atas konservasi global ini. Kontribusinya dalam membantu melancarkan dan menginformasikan tentang konservasi Giant Panda.

"Taman Safari Bogor sangat bersyukur dengan diterimanya dua penghargaan ini. Kami akan berusaha mempertahankan prestasi yang telah dicapai selama ini," ucap Yulius.

Sebagai informasi saat ini hanya ada 1.864 Giant Panda yang berada di alam. Jumlah populasi Giant Panda di Kebun Binatang hanya sekitar 520 ekor. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: