Bukan Jerami, Peternak di Australia Ini Kasih Makan Hewan Ternaknya Semangka

TrubusLife
Diah Fauziah
24 Juli 2018   09:30 WIB

Komentar
Bukan Jerami, Peternak di Australia Ini Kasih Makan Hewan Ternaknya Semangka

Harga jerami yang mahal membuat peternak memberikan semangka untuk hewan ternaknya. (Istimewa)

Trubus.id -- Di musim kemarau kali ini, kekeringan melanda Australia bagian timur. Akibatnya, harga jerami untuk pakan ternak naik tiga kali lipat. Itu karena, jerami harus didatangkan dari Australia Barat.

Michael Sweeney, peternak di Victoria, terpaksa memberikan semangka bagi 100 ekor sapi potong miliknya. Walaupun awalnya sempat menolak, hewan ternak milik Michael akhirnya mau makan semangka.

"Seperti kebanyakan hal baru, mereka butuh beberapa hari untuk terbiasa dan mengonsumsinya," kata Michael kepada ABC.

Alasan Michael memberikan semangka untuk hewan ternaknya lantaran buah tersebut memiliki banyak vitamin. Apalagi, harganya jauh lebih murah dibandingkan alternatif pakan lainnya.

 Baca Lainnya : Ini Cara Bikin Jamu Tradisional untuk Ternak Sapi

"Semangka memiliki kadar gula tinggi dan juga vitamin. Biayanya pun hanya seperempat dari opsi pakan lainnya, sudah termasuk biaya pengiriman ke peternakan," jelasnya.

Sementara itu, Kat Gration, pemilik perusahaan transportasi di Victoria mengatakan jika usahanya terkena dampak lantaran harga jerami yang mahal. Itu karena, para peternak mengalami kesulitan menanggung beban biaya pakan ternaknya. Maka, Kat memutuskan membeli semangka untuk diberikan gratis kepada peternak.

"Saya hanya membebankan biaya pengiriman saja. Itupun untuk jarak jauh dan jika peternak benar-benar mengalami kesulitan," ujar Kat.

Baca Lainnya : 7 Jenis Sapi Potong Unggul yang Potensial Dikembangkan

Latar belakang Kat di industri susu membuktikan jika hewan ternak juga senang makan buah-buahan.

"Kekeringan tahun ini sangat serius, di mana peternak yang tidak bisa membeli pakan, terpaksa menembaki ternak miliknya. Ini sangat menyedihkan bagi saya," ucapnya.

Meskipun tidak ada dampak negatif pada kesehatan sapi, nilai gizi semangka lebih rendah dibandingkan jerami. Walau begitu, para ahli memperingatkan peternak untuk tidak menggunakan semangka yang bukan untuk konsumsi manusia karena risiko telah disemprot dengan bahan kimia. Dapat menyebabkan masalah bagi manusia yang megonsumsi daging ternak tersebut. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Sehat dan Lepas Stres dengan Menanam Buah di Pekarangan

Health & Beauty   28 Agu 2020 - 10:08 WIB
Bagikan: