Mangrove Ternyata Bukan Pohon, Lalu Apa?

TrubusLife
Binsar Marulitua | Followers 0
23 Juli 2018   18:00

Komentar
Mangrove Ternyata Bukan Pohon, Lalu Apa?

Pohon di tepi laut (Istimewa)

Trubus.id -- Setiap tanggal 26 Juli, diperingati sebagai Hari Mangrove  Sedunia. Indonesia memiliki sekitar 202 jenis tumbuhan mangrove, meliputi 89 jenis pohon, 44 jenis herba tanah, 44 jenis epifit, 19 jenis pemanjat, 5 jenis palma, dan 1 jenis paku.

Tetapi, tahukah Anda jika merujuk mangrove dengan penggunaan istilah 'pohon' menimbulkan kekeliruan pemaknaan? 

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) KLHK, Wiratno mengatakan isitilah mangrove secara umum digunakan untuk menunjuk habitat. Dalam beberapa hal, mangrove digunakan untuk merujuk jenis tumbuhan, termasuk jenis-jenis tumbuhan yang terdapat di pinggiran mangrove seperti formasi Barringtonia dan Pes-caprae.

Baca Lainnya: Serentak, 10 Ribu Mangrove Ditanam di 10 Provinsi

"Tidak ada pohon yang bernama "mangrove". Mangrove adalah sekelompok pohon yang tumbuh di zona intertidal, yang dipengaruhi pasang surut air laut, tumbuh di muara sungai. Unik karena merupakan gabungan dan ciri-ciri tumbuhan  yang hidup di darat dan di laut," jelas Wiratno.  

Wiratno menambahkan, dari 202 jenis tersebut, 43 jenis (diantaranya 33 jenis pohon dan beberapa jenis perdu) ditemukan sebagai mangrove sejati (true mangrove). Sementara jenis lain, ditemukan di sekitar mangrove dan dikenal sebagai jenis mangrove ikutan (associate asociate).

Sedangkan menurut zonasi dari garis pasang tertinggi hingga garis surut terendah, ada empat zoansi mangrove. Zonasi pidada yang banyak ditumbuhi Avicennia dan Sonneratia, zona Bakau yang ditumbuhi Rhizopora, zona tancang yang ditumbuhi Bruguiera dan zona transisi ditumbuhi  oleh nipa.

Baca Lainnya: Laju Deforestasi Mangrove Indonesia Tercepat di Dunia

Tumbuhan di darah esturia ini ternyata memiliki peran penting untuk konservasi Indonesia seperti melindungi kestabilan garis pantai, melindungi pantai dari dan abrasi, menahan sedimen dan kawasan penyangga proses intrusi. 

Ekosistem mangrove Indonesia 3,5 juta hektare yang terdiri dari 2,2 juta ha di dalam kawasan dan 1,3 juta ha di luar kawasan mangrove. Ekosistem mangrove tersebut berada di 257 kabupaten/kota.  [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: