Trump Bikin Ulah Lagi, Akan Cabut Peraturan Perlindungan Spesies

TrubusLife
Diah Fauziah
23 Juli 2018   11:30 WIB

Komentar
Trump Bikin Ulah Lagi, Akan Cabut Peraturan Perlindungan Spesies

<i>Mustela nigripes</i>, salah satu spesies terancam punah di Amerika Utara. (The Wildlife Society)

Trubus.id -- Donald Trump terus melakukan kebijakan-kebijakan yang sensasional. Beberapa waktu lalu, Trump melakukan pengakuan Jerusalem sebagai Ibukota Israel. Yang terbaru Tim Administrasi Trump ingin mencabut perlindungan federal otomatis untuk tanaman dan hewan yang terancam. Tentu saja tindakan yang akan membuat marah para aktivis lingkungan tapi menyenangkan industri.

Kamis (19/7) lalu, ia mengeluarkan sebuah proposal yang tidak lagi memberikan perlindungan yang sama kepada spesies terancam. Hal ini juga berlaku untuk hewan dan tumbuhan.

Pejabat Departemen Dalam Negeri dan Layanan Ikan dan Satwa Liar mengatakan jika mereka ingin merampingkan peraturan. Alasannya karena, Undang-Undang Spesies Terancam Punah yang ada saat ini, tidak konsisten dan membingungkan.

Baca Lainnya : Ditemukan, Spesies Tawon Baru dengan Sengat Sangat Panjang

Walau begitu, Wakil Menteri Dalam Negeri, David Bernhardt, mengatakan jika aturan baru itu masih akan sangat melindungi hewan yang terancam punah.

"Pada saat yang sama, kami berharap, mereka memperbaiki beberapa aturan, konflik dan ketidakpastian yang tidak perlu yang ada dalam struktur peraturan kami saat ini," kata David kepada wartawan.

Namun, konservasionis mengatakan jika perubahan itu merupakan "bola panas" yang suatu saat akan merusak ekosistem dan merupakan sebuah hadiah untuk pebisnis besar.

Baca Lainnya : 2 Spesies Baru Kelelawar Kuning Ini Ditemukan di Afrika 

"Mereka dapat memutuskan, membangun gedung di habitat spesies atau penebangan pohon di mana sarang burung berada, " kata Pusat Kebebasan Biologi Noah Greenwald.

Sudah sejak lama, industri penebangan, penambangan dan pengeboran minyak mengeluhkan Undang-Undang tersebut karena menghentikan mereka dari akses ke sumber energi baru. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kiprah 3 Srikandi Berkarya Bagi Negeri di Masa Pandemi

Selebrity   07 Agu 2020 - 14:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: