Tak Perlu Dihindari, Makanan Manis Juga Ada Khasiatnya Loh 

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
20 Juli 2018   07:00

Komentar
Tak Perlu Dihindari, Makanan Manis Juga Ada Khasiatnya Loh 

Mengonsumsi dark chocolate secara teratur dalam porsi tepat justru bisa mencegah stroke (Istimewa)

Trubus.id -- Ketika diet, banyak orang menjauhi makanan manis. Padahal, makanan manis punya banyak manfaat kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah tepat. Ya, selama masih dikonsumsi dalam batas wajar dan tidak berlebihan, makanan manis atau dessert, tidak harus dihindari.

Menurut penelitian ilmiah yang dilansir Fox40, makanan manis punya banyak manfaat untuk tubuh. Inilah lima manfaat makanan manis.

1. Menurunkan Tekanan Darah 

Mengonsumsi sepotong cokelat hitam (dark chocolate) setiap hari, dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini dijelaskan dalam penelitian yang dilakukan Universitas Harvard pada tahun 2011 lalu. Menurutnya, seseorang yang makan satu potong dark chocolate setiap hari, dapat menurunkan tekanan darah. Para peneliti percaya bahwa cokelat hitam yang masih alami, mengandung flavonoid dan antioksidan bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Lainnya : Tak Perlu Batasi Makanan Manis pada Anak, Ini Sebabnya

2. Menghindari Serangan Stroke

Sebuah penelitian melibatkan pria berusia 45 hingga 79 tahun di Swedia yang mengonsumsi sepotong dark chocolate secara teratur, terbukti dapat menurunkan risiko terserang penyakit stroke sebanyak 17 persen. Lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi cokelat hitam sama sekali.

3. Mengurangi Ngidam Makanan

Ketika sedang berdiet dan membatasi porsi makan, tetaplah mengonsumsi makanan manis dalam porsi kecil untuk mengurangi ngidam makanan. Trubus Mania bisa mengonsumsi kue atau cookies dalam porsi kecil yang telah ditentukan. Tapi ingat, jangan banyak-banyak ya!

Baca Lainnya : Kue Mochi Lezat tapi Mematikan, Kok Bisa?

4. Membatasi Gula dan Lemak Tubuh

Meski banyak yang berpikir bahwa mengonsumsi makanan manis justru menambah kadar gula dan lemak dalam tubuh, mitos itu tidak sepenuhnya benar. Makanan manis akan tetap sehat dan ringan jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Agar tetap sehat, jangan lupa untuk mengganti beberapa bahan makanan. Contohnya, ganti mentega dan minyak dengan minyak zaitun atau minyak kelapa dalam membuat kue.

5. Bikin Tubuh Lebih Aktif

Setelah menyantap makanan manis, kamu akan mulai berpikir untuk mencari cara mengeluarkannya dari tubuh. Tentu, ini berdampak positif dan membuat kamu lebih aktif.

Jika sedang diet rendah kalori, Trubus Mania bisa mengonsumsi makanan manis di siang hari, dan berjalan kaki setelahnya. Bisa juga melakukan olahraga di gym setelah pulang kantor, menurut saran Rachel Johnson, dokter sekaligus ketua komite dari American Heart Association (AHA). [DF]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Lagi Diet Keto, Jangan Lakukan 4 Hal Ini

Diah Fauziah   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: