Perlu Diketahui, Ini Cara Paling Sehat Memasak Telur

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
19 Juli 2018   16:00

Komentar
Perlu Diketahui, Ini Cara Paling Sehat Memasak Telur

Poached, teknik memasak telur dalam cairan yang jumlahnya tidak terlalu banyak dan direbus dengan api kecil. (Betty Crocker)

Trubus.id -- Telur merupakan bahan makanan yang sehat, mudah ditemukan, dan relatif murah jika dibandingkan sumber protein lainnya seperti daging. Ada banyak cara untuk menikmati telur, mulai dari yang dimakan mentah, direbus, digoreng, atau dikukus.

Penting untuk memerhatikan bagaimana cara memasak telur yang terbaik. Ini supaya kamu bisa menjaga kualitas telur tersebut. Kalau masaknya kurang tepat, maka manfaat telur pun akan tidak optimal dalam menjaga kesehatan tubuh.

Telur yang paling baik adalah telur yang dimasak

Telur yang dimasak tentu lebih aman dikonsumsi lantaran membuat beberapa zat gizi di dalamnya lebih mudah dicerna tubuh. Pemanasan akan membuat protein telur lebih mudah dicerna dalam tubuh.

Hal ini diperkuat oleh penelitian dari laman Healthline yang menunjukkan bahwa, tubuh manusia dapat menggunakan 91 persen protein dalam telur yang sudah dimasak. Jika mengonsumsi telu mentah, tubuh manusia hanya menggunakan 51 persen protein saja.

Baca Lainnya : Rutin Makan Telur Turunkan Risiko Stroke dan Sakit Jantung, Loh

Pemanasan mendorong perubahan struktur protein dalam telur. Dalam telur mentah, senyawa protein masih berbentuk struktur yang rumit. Ketika dilakukan pemanasan, panas akan memecah ikatan rumit itu dan membentuk ikatan baru yang lebih mudah dipecah dalam tubuh. Telur kaya akan vitamin B7 atau biotin yang berfungsi penting dalam mengatur pemecahan gula dan lemak.

Dalam telur mentah, biotin masih terikat strukturnya dengan avidin, senyawa dalam protein. Akibatnya, biotin tidak dapat digunakan oleh tubuh. Namun, ketika telur dimasak, panas dalam pengolahannya akan menyebabkan perubahan struktur avidin, yang kemudian mengikat biotin hingga akhirnya bisa diserap tubuh. Maka dari itu, cara paling baik makan telur adalah dengan memasaknya terlebih dahulu.

Cara memasak telur

Ada berbagai cara memasak telur yang sangat popular hingga sekarang, seperti:

Merebus. Teknik memasak bahan makanan dalam cairan hingga mendidih selama enam hingga sepuluh menit. Contohnya, memasukan telur mentah utuh ke dalam panci berisi air mendidih.

Poached. Ini adalah teknik memasak bahan makanan dalam cairan yang jumlahnya tidak terlalu banyak atau hanya sebatas menutupi bahan makanan yang direbus dengan api kecil, berkisar antara 71 hingga 82 derajat Celsius selama 2,5 sampai tiga menit. Contohnya, memasukkan telur mentah ke dalam air, tanpa cangkangnya.

Baca Lainnya : 12 Butir Seminggu, Batas Aman Makan Telur

Menggoreng. Telur mentah dipecahkan dan dipanaskan di atas wajan panas yang berisi lapisan tipis minyak. Contohnya seperti saat kamu membuat telur ceplok.

Memanggang. Telur dipecahkan dan dipanggang di dalam oven panas.

Lalu, seperti apa cara memasak telur yang paling sehat?

1. Pilih metode masak yang paling rendah kalori

Jika sedang mengurangi kalori makan, memasak telur dengan cara direbus merupakan yang terbaik. Ada dua macam cara merebus kulit, dengan kulitnya lalu dikupas, atau pouching, merebus telur dalam air mendidih tanpa cangkangnya. Tidak menggunakan minyak sama sekali, karena itu, cara ini merupakan yang paling tepat jika Trubus Mania sedang diet.

2. Campur telur dengan sayuran

Agar sajian telur semakin kaya zat gizi, jangan lupa untuk mencampurnya dengan sayuran. Jika kamu ingin masak telur dadar, tambahkan aneka sayuran kesukaan seperti wortel, tomat, bayam, dan daun bawang yang dipotong-potong kecil ke dalam telur.

Baca Lainnya : Mau Si Kecil Cerdas, Beri Dia Satu Butir Telur per Hari

Jika tidak ingin mencampurnya, sajikan telur bersama sayuran lain. Asal Trubus Mania ketahui, sayuran kaya akan vitamin dan mineral serta serat. Ini yang akan membuat sajian telur di rumah akan semakin sehat.

3. Masak telur pada suhu tinggi yang stabil

Kondisi minyak terbaik saat memasak telur ialah ketika suhunya tinggi saat menggoreng. Suhu tinggi menyebabkan telur tidak mudah teroksidasi, dapat menangkal terbentuknya radikal bebas berbahaya. Oleh karena itu, pastikan minyak sudah panas sebelum memasukan telur mentah ke dalam wajan.

Selain suhunya yang tinggi, Trubus Mania juga bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun extra virgin yang baik untuk memasak dalam suhu tinggi.

4. Jangan dimasak sampai terlalu matang

Semakin lama dan panas suhu yang digunakan untuk memasak telur menyebabkan nutrisi, khususnya vitamin yang hilang semakin banyak. Jika memang telur sudah matang, segera angkat dan sajikan. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: