Berkat Gempa Bumi, Misteri Kuil Aztec di Bawah Piramida Teopanzolco Terungkap

TrubusLife
Diah Fauziah
19 Juli 2018   10:30 WIB

Komentar
Berkat Gempa Bumi, Misteri Kuil Aztec di Bawah Piramida Teopanzolco Terungkap

Di bawah Piramida Teopanzolco ini, terdapat kuil kuno dari Suku Aztec. (Dok. National Institute of Anthropology and History)

Trubus.id -- 19 September 2017 lalu, Meksiko dilanda gempa berkekuatan 7,1 SR. Tidak sekadar merusak bangunan saja, gempa itu berhasil mengungkap misteri kuil Aztec yang selama ini tersembunyi di bawah piramida kuno.

Kuil itu ditemukan oleh arkeolog dari National Institute of Anthropology and History (INAH) Meksiko yang sedang mempelajari kerusakan Piramida Teopanzolco akibat gempa bumi. Saat itu, mereka menemukan beberapa batu di puncak piramida goyah. Ketika mencari permukaan yang lebih padat, para arkeolog menemukan kuil tua di bawah puncak piramid. Ukurannya lumayan besar, enam kali empat meter.

Diperkirakan, kuil tersebut dibangun oleh penduduk Tlahuica, salah satu Suku Aztec pada periode Postklasik Tengah, antara tahun 1150 hingga 1200. Menjadi bukti tertua dari keberadaan manusia di Situs Morelos yang terletak di 70 kilometer di selatan Kota Meksiko.

Baca Lainnya : Piramida China, Reruntuhan Makam Mewah Kekaisaran Xia Barat

"Gempa bumi, fenomena alam ini telah berhasil mengungkap struktur sangat penting yang mengubah penanggalan situs arkeologi," kata Isabel Campos, direktur INAH.

Menurut dugaan peneliti, kuil tersebut merupakan fase pembangunan pertama dari Teopanzolco, yang kemungkinan berasal dari Periode Postklasik Akhir, antara tahun 1200 hingga 1521. Walau begitu, Trubus Mania baru akan mengetahui jawabannya setelah para peneliti mempelajari sisa-sisa dinding kuil tersebut lebih jauh. Saat ini, arkeolog sedang mempelajari seberapa parah kerusakan Piramida Teopanzolco. [DF]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: