Terjerat Tali Kursi Pantai, Penyu Kempi yang Langka Ini Mati

TrubusLife
Diah Fauziah
18 Juli 2018   11:30 WIB

Komentar
Terjerat Tali Kursi Pantai, Penyu Kempi yang Langka Ini Mati

Penyu kempi yang mati akibat terikat kursi pantai. (Dok. Fort Morgan Share the Beach)

Trubus.id -- Sabtu (14/7) kemarin, Fort Morgan Share the Beach, kelompok konservasi penyu membagikan sebuah foto yang memperlihatkan seekor penyu terdampar di sebuah pantai di Alabama, Amerika Serikat. Yang menyedihkan ialah, leher penyu yang terikat kursi pantai.

"Ini yang membuat kami sangat marah. Harus berapa kali kami mengingatkan masyarakat untuk mengambil barang-barang mereka? Peraturan mudah yang harus diikuti semua pengunjung pantai. Kami berharap, foto ini bisa memperingatkan pengunjung untuk tidak lagi melakukan sesuatu yang merugikan mahkluk hidup lain," kata Debbie Harbin, juru bicara Fort Morgan Share the Beach.

Penyu kempi, hewan dengan nama latin Lepidochelys kempii ini ditemukan mati dengan kondisi mengenaskan, di mana bagian bawah kursi pantai itu menempel di lehernya. Padahal, penyu jenis ini masuk dalam kategori terancam punah.

Baca Lainnya : Setelah Dibedah, Ada Plastik di Perut Penyu yang Mati

"Kursi ini hanyut ke laut. Kami yakin, inilah yang membuat penyu langka ini terjerat kursi. Ada tali di sekitar kursi yang meliliti leher penyu," ungkap Debbie kepada Huff Post.

Ia melanjutkan, "Begitu banyak barang yang ditinggalkan di pantai, hanyut ke laut. Ini yang harus kita pikirkan sekarang, agar tidak ada lagi kejadian seperti ini."

Para ahli satwa liar telah sejak lama memperingatkan bahaya meninggalkan kursi pantai bagi penyu. Itu karena, kursi itu bisa terbawa air yang membawanya ke laut. Selain menenggelamkan penyu, kursi tersebut bisa menjadi halangan bagi hewan tersebut untuk bersarang dan menetas.

Baca Lainnya : Pulau Jemur, Lokasi Favorit Penyu Hijau Berkembang Biak

"Sebenarnya, peristiwa memilukan ini bisa dicegah. Kitalah pelakunya karena penyu-penyu itu tidak akan menemukan kursi jika bukan karena kita," kata Richard Brewer, relawan kelompok advokasi penyu.

Menurut World Wide Fund for Nature (WWF), penyu kempi hanya bersarang di hamparan Teluk Meksiko. Pada tahun 1940 hingga 1980, jumlahnya hanya tinggal beberapa ratus ekor saja. Berkat konservasi, populasi penyu kempi betina meningkat, antara 100 hingga 10.000. Saat ini, ancaman terbesar penyu kempi ialah hilangnya habitat, perubahan iklim, dan polusi. [DF]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: