Memangsa Boneka Sapi, Ular Piton Ini Terpaksa Dioperasi

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
18 Juli 2018   10:30

Komentar
Memangsa Boneka Sapi, Ular Piton Ini Terpaksa Dioperasi

Ular piton yang menelan boneka sapi. (ABC)

Trubus.id -- Entah karena lapar atau mengira itu mangsanya, seekor ular piton menelan boneka sapi milik seorang anak kecil di Kuranda, Queensland, Australia.

"Hal yang jarang terjadi. Selama dua dekade menangkap ular, saya tidak pernah melihat kejadian seperti ini," kata Hayley Anne Hill dari Miss Hiss Reptiles kepada ABC.

Ketika mau menangkap ular tersebut, Hayley langsung tahu jika reptil itu baru saja makan sesuatu.

Baca Lainnya : Katak Mirip Ular, Racunnya Mampu Bunuh 150 Ekor Tikus Sekaligus

"Tonjolan di perut ular mengungkapkan hal itu. Dia baru saja makan benda seukuran ayam," jelasnya,

Tanpa pikir panjang, Hayley langsung membawa ular malang itu ke dokter hewan. Untuk mengeluarkan boneka sapi, dokter mengatakan jika ular itu harus dioperasi lantaran mereka tidak bisa memaksa hewan tersebut memuntahkan mainan yang dimakannya.

"Mainan yang berbulu menyerap banyak cairan internal. Jadi, kami memberi ular itu cairan dan kemudian dokter menyuntiknya dengan anestesi umum sebelum mengoperasinya," kata Shannon Diblasio, perawat hewan.

Baca Lainnya : Mengapa Tidak Ada Ular Laut di Samudera Atlantik?

Ia melanjutkan, "Setelah beberapa lama, mainan itu bisa dikeluarkan. Selama ini, kami telah melihat beberapa kasus yang tidak biasa, namun tidak ada ular yang menelan mainan. Jika tidak segera ditolong, ular itu akan mengalami kematian yang lambat karena bagaimanapun juga, mainan tidak bisa dicerna."

Usai dioperasi, kondisi ular tersebut berangsur pulih. Pada Jumat (13/7) lalu, reptil itu sudah diperbolehkan pulang untuk kemudian dibawa ke Miss Hiss Reptiles untuk pemulihan. Usai menjalani rehabilitasi selama beberapa minggu, rencananya ular itu akan dilepaskan kembali ke alam liar.

"Saat ini, kondisinya sangat baik. Untuk beberapa saat, kami akan merawatnya untuk memastikannya ia bisa mencerna beberapa makanan sebelum dilepaskan ke habitatnya di alam liar," jelas Hayley. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Perubahan Iklim Sebabkan Laba-laba Makin Agresif

Thomas Aquinus   Pet & Animal
Bagikan:          
Bagikan: