Semakin Dekat ke Desa Innaarsuit, Gunung Es Ini Bisa Menyebabkan Tsunami

TrubusLife
Diah Fauziah
17 Juli 2018   15:00 WIB

Komentar
Semakin Dekat ke Desa Innaarsuit, Gunung Es Ini Bisa Menyebabkan Tsunami

Desa Innarsuit di Greenland yang terancam oleh gunung es yang semakin mendekat. (Reuters)

Trubus.id -- Gunung es seukuran bukit telah mendekati sebuah desa kecil di pantai barat Greenland, menyebabkan ketakutan penduduk lantaran bisa membanjiri permukaan jika terjadi tsunami dengan ketinggian mencapai betis.

Ya, gunung es menjulang tinggi di atas rumah penduduk di Desa Innaarsuit, semakin mendekat akibat terbawa arus. Ahli meteorologi asal Denmark memperkirakan jika gunug es tersebut memiliki lebar 198 meter dan tinggi 91 meter dari permukaan laut. Penduduk desa khawatir jika bongkahan es itu jatuh ke laut, bisa memicu terjadinya tsunami.

Baca Lainnya : Atasi Kekeringan, Pemerintah Cape Town Berencana Pindahkan Gunung Es di Antartika

Saat ini, warga hanya bisa bergantung pada cuaca. Apabila angin kuat bertiup dan mendorong gunung es yang terapung menjauhi daratan ke arah Teluk Baffin, bisa dipastikan jika krisis akan berlalu. Namun, jika cuaca berubah hangat atau turun hujan yang hangat, besar kemungkinan bongkahan es akan jatuh ke laut dan menyebabkan tsunami bagi warga.

"Ini bukan proses yang tenang," kata Joerg Schaefer, peneliti iklim di Observatorium Bumi Lamont-Doherty, Universitas Columbia, kepada New York Times.

Baca Lainnya : Usaha Peneliti Menguak Misteri 120.000 Tahun di Lapisan Es Antartika

Penduduk yang tinggal di zona berbahaya dekat pantai telah dievakuasi dan dipindahkan lebih jauh ke lereng yang curam di mana permukiman itu terletak. Selain itu, pemilik kapal diminta untuk memindahkan kapal menjauhi gunung es.

"Kami sangat khawatir dan takut," kata Karl Petersen, Ketua Dewan Lokal Innaarsuit.

Sebuah kapal Angkatan Laut Denmark bersiap di dekat pulau tersebut, berjaga seandainya situasi menjadi buruk. Musim panas lalu, empat orang tewas setelah gelombang air membanjiri permukiman di Greenland barat laut. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: