Emma Watson Terus Ajak Selamatkan Lingkungan Mulai dari Pakaian

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
16 Juli 2018   14:00

Komentar
Emma Watson Terus Ajak Selamatkan Lingkungan Mulai dari Pakaian

Emma Watson (Luxatic)

Trubus.id -- Bicara soal peduli lingkungan dan kurangi sampah plastik, banyak selebriti dan kaitannya dengan dunia fesyen juga ambil bagian. Emma Watson salah satunya. Setelah mengenakan gaun yang terbuat dari benang yang berasal dari botol plastik di event Met Gala 2016 lalu, Watson terus saja menyuarakan pentingnya peduli lingkungan dimulai dari memperhatikan asal pakaian, terutama di media sosialnya. 

Hal ini berkaitan dengan digelarnya pameran Fashioned from Nature di museum Victoria and Albert Museum, London, Inggris, yang digelar April hingga Januari 2019. Ekshibisi ini mengeksplorasi pakaian dan aksesoris yang terinspirasi oleh kekuatan dan keindahan alam yang luar biasa sepanjang sejarah, tetapi juga menginvestigasi dampak mode pada alam dan efek merusak alam dari manufaktur di lingkungan kita. 

"Pakaian adalah sesuatu yang menyentuh kehidupan kita setiap hari, dan saya mengagumi museum Victoria dan Albert untuk membuat pameran dan buku untuk menyoroti pentingnya mempertanyakan di mana, bagaimana dan oleh siapa pakaian kita dibuat," ujar Watson seperti dikutip dari Vogue. 

"Terlepas dari status sosial atau ekonomi, kita semua dapat berpakaian dan berbelanja dengan lebih penuh perhatian dan berkelanjutan. Sangat penting bahwa kita sekarang mengkonseptualisasikan apa artinya memakai dan mengkonsumsi, dan apa yang modis." lanjut Watson. 

Dalam pameran tersebut, ditampilkan banyak item fesyen yang terbuat dari alam, flora dan fauna. Ada gaun yang terbuat dari benang yang berasal dari botol plastik, serat jeruk, biji, kulit dan serat anggur, dan masih banyak lagi. 

Menurut penelitian, 2720 liter air dibutuhkan untuk membuat sebuah kaos, sementara pembuatan pakaian di dunia telah dilipatgandakan jumlahnya sejak tahun 2000, pemakaian sebuah baju di dunia fashion hanya maksimal 4 kali, belum lagi zat-zat toxic seperti mercuric nitrat yang sering digunakan pada pembuatan item fesyen seperti topi. What a danger for earth

Watson juga mengingatkan penggemarnya untuk menjadi konsumen yang lebih cerdas. Tak hanya soal makanan, pakaian pun harus menjadi perhatian. Menurutnya, tidaklah keren sebagai anak muda jika tidak peduli lingkungan. 

“Kita harus lebih peka dan membuka pikiran tentang apa yang sedang terjadi pada dunia, pada alam. Orang muda harus menjadi generasi penyelamat. Sadar dan lakukanlah sesuatu untuk keberlangsungan Bumi,” kata Watson dalam wawancaranya dengan Vogue. 

+1 for Emma! [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: