Sering Dibuang, Bagian Buah dan Sayur Ini Ternyata Kaya Manfaat

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
12 Juli 2018   14:00

Komentar
Sering Dibuang, Bagian Buah dan Sayur Ini Ternyata Kaya Manfaat

Buah kiwi sebaiknya dimakan dengan kulitnya (STYL)

Trubus.id -- Terkadang, bagian yang sering dibuang pada buah dan sayuran seperti kulit, batang, dan bagian jelek  lainnya,  ternyata yang paling sehat dan memberi manfaat lebih untuk tubuh manusia.

"Beberapa nutrisi seperti vitamin C dan fiber, lebih terkonsentrasi di kulit atau di bawahnya. Jadi, kamu akan menghilangkan manfaat itu dengan mengupasnya," ujar ahli diet Helen Bond, dikutip dari Daily Mail.

Bagian yang biasa dibuang, seperti bagian keras atau lapisan bawang yang kemerahan dan agak gelap, atau lapisan luar dari dedaunan, kaya akan flavonoid dan karotenoid yang terkenal akan anti peradangan dan efek antioksidan.

1. Stroberi 

Jangan buang daun stroberi. Rendam dengan air hangat untuk membuat teh herbal. Daun berbentuk bintang ini memiliki banyak sekali antioksidan yang dapat membersikan molekul berbahaya, radikal bebas yang diproduksi tubuh manusia secara alami. Antioksidan juga membantu seseorang menangkal bahaya yang bisa menyebabkan kanker atau penyakit jantung.

Baca Lainnya : Biar Kulit Mulus Jangan Makan Stroberi, tapi....

2. Bawang Bombai

Biasanya, kulit dari bawang bombai dibuang begitu saja. Padahal, kulit ini baik jika ditambahkan ke kaldu. Meskipun tidak bisa dimakan, kulit bawang bombai bisa memberikan rasa dan nutrisi yang lebih ke dalam kaldu.

Kulit yang bewarna kemerahan ini kaya akan pigmen quercetin, berkhasiat antiinflamasi dan antihistamin yang dipercaya bisa mengurangi gejala demam serbuk bunga. Berdasarkan penelitian dari British Journal of Nutrition pada tahun 2015, kulit bawang bombai bisa mencegah hipertensi, loh. 

3. Nanas

Biasanya, nanas dimakan tanpa bagian tengahnya. Padahal, bagian tengahnya itu kaya dengan bromelain. Umumnya, bromelain yang ditemukan di makanan atau suplemen itu bisa membantu pencernaan, apalagi setelah seseorang makan daging.

Dalam penelitian hewan dan laboratorium, bromelain menunjukkan aktivitas antiinflamasi dan membantu pembentukan tendon dan jaringan. Tidak heran jika terkadang, nanas direkomendasikan untuk menyembuhkan sakit lutut, cedera olahraga, dan artritis. Sayangnya, bukti yang menunjukkan kalau bromelain berguna bagi manusia masih sedikit.

4. Kiwi 

Walaupun memiliki tekstur yang berbulu, Trubus Mania seharusnya makan kiwi bersamaan dengan kulitnya. Berdasarkan sebuah penelitian Zespri, sebuah merek buah kiri, makan kiwi dengan kulitnya akan meningkatkan jumlah vitamin E dan konten folat sampai sepertiganya.

Baca Lainnya : Ternyata, Kiwi Lebih Bermanfaat Jika Dimakan dengan Kulitnya

Vitamin E dan folat dapat membantu imun tubuh manusia untuk melawan penyakit dan infeksi. Folat juga berperan dalam melawan capek dan lelah. Makan kulit kiwi meningkatkan tingkat fiber sampai dengan 50 persen juga, loh.

5. Kubis 

Bagian daun yang paling luar memang tidak terlihat bagus dan biasanya dibuang. Padahal, mengandung karotenoid lebih banyak dibandingkan dengan daun-daun yang warnanya lebih pucat. Berdasarkan data dari Public Health England, kandungan karotenoidnya 50 kali lebih banyak.

Karotenoid adalah salah satu jenis pigmen tumbuhan yang memiliki efek antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin, penting bagi kesehatan mata.

"Masak daun bagian luarnya adalah ide bagus. Dengan sedikit minyak, membantu tubuh manusia untuk menyerap antioksidan yang larut dalam minyak," tutur Helen Bond. [DF]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: