Lindungi Paus Bungkuk, Peru Berencana Bikin Cagar Laut Pasifik di Awal 2019

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
11 Juli 2018   11:30

Komentar
Lindungi Paus Bungkuk, Peru Berencana Bikin Cagar Laut Pasifik di Awal 2019

Paus bungkuk. (the Aussie Specialist program)

Trubus.id -- Presiden Peru, Martin Vizcarra, berencana membuat cagar laut pasifik pada kuartal pertama untuk melindungi tempat makan dan tempat berkembang biak bagi paus bungkuk dan spesies laut lainnya.

Menurut dokumen resmi pemerintah tentang proposal rencana tersebut, cadangan laut itu akan mencapai 1.040 kilometer persegi dan tumpang tindih dengan empat blok minyak lepas pantai.

Baca Lainnya : Langka, Kemunculan Paus Biru di Laut Merah

"Pengeboran minyak dan penangkapan ikan akan tetap diizinkan di kawasan tersebut. Hanya saja, perhatian ekstra akan diberikan untuk memastikan jika kegiatan tersebut tidak akan mengancam ekosistem laut, dengan sumber daya yang dialokasikan untuk pengawasan dari pemerintah," kata Fabiola Munoz, Menteri Lingkungan Hidup Peru.

Senin (9/7) kemarin, ketika melakukan konferensi pers dengan media asing, Fabiola mengatakan jika tujuan dari dibuatnya cagar laut bukan untuk melarang kegiatan ekonomi.

"Ini untuk menciptakan kondisi sehingga spesies dapat bereproduksi dalam waktu yang mereka butuhkan," ucapnya.

Baca Lainnya : Wikie, Paus Pembunuh yang Bisa Meniru Suara Manusia

Menurut Fabiola, cadangan laut yang diusulkan akan dibuat melaui keputusan presiden pada kuartal pertama 2019, setelah pertemuan informasi diadakan dengan para pemangku kepentingan pada tahun 2018.

Menurut dokumen tersebut, area yang diusulkan untuk cadangan laut termasuk tempat makan dan berkembang biak bagi kura-kura, paus bungkuk, anjing laut, kuda laut dan spesies ikan komersial. [DF]

 

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: