Kecombrang, Tanaman Rempah yang Bermanfaat Obat

TrubusLife
Karmin Winarta
08 Juli 2018   08:25 WIB

Komentar
Kecombrang, Tanaman Rempah yang Bermanfaat Obat

Kecombrang (Istimewa)

Trubus.id -- Kecombrang (Etlingera elatior) selain dikenal sebagai bumbu masak yang mempertajam aroma ternyata juga mempunyai khasiat obat yang menakjubkan. 

Beberapa kuliner tradisional memanfaatkan bunga dengan aroma khas ini sebagai bumbu. Misalnya sayur lodeh atau pecel. Bahkan sekarang beredar sambal kecombrang yang banyak diminati. Tanaman rempah ini bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia.

Kecombrang mempunyai beberapa nama daerah seperti Puwar Kinjung di Sumatera, Kincung di Medan, Honje di Jawa, Katimbang di Sulawesi dan Petikala di Maluku. Tumbuhan yang pohonnya mirip lengkuas ini mampu tumbuh setinggi 5 meter.

Baca Lainnya: Ini Dia Manfaat Buah dan Sayur Berdasarkan Warnanya

Selain bunganya dipakai bumbu, bunga kecombrang juga bisa dimakan langsung untuk lalap. Sementara sebagai obat, kecombrang mampu memperlancar ASI dan pembersih darah. Dalam Kitab Tumbuhan Obat,  kecombrang dipercaya mampu menetralkan kolesterol dan mampu mengatasi bau badan.

Bagian daun yang mengandung senyawa polyfenol yang tinggi bermanfaat untuk mengobati disentri. Selain itu honje juga kaya vitamin dan anti oksidan. Jumlah kandungan antioksidan ini lebih banyak di daun daripada di bunga maupun rimpangnya.

Baca Lainnya: Ingin Rambut Lebat Berkilau, Coba Daun yang Satu Ini

Bahkan sebuah penelitian, kecombrang ini mengandung seyawa saponin yang mampu membunuh larva nyamuk.

Penggunaan kecombrang selain dipakai untuk lalap langsung dari kebunnya, juga bisa direbus. Ambil beberapa kuntum bunga kecombrang dan makan dengan sambal, bisa juga dipakai sebagai bahan campuran sayur asam dan pepes. Musah kan?

Bunga kecombrang bisa ditemukan di pasar tradisional maupun di pasar-pasar moderen, [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: