Ini Dia 7 Jenis Kacang dan Manfaat Sehatnya

TrubusLife
Ayu Setyowati
04 Juli 2018   14:30 WIB

Komentar
Ini Dia 7 Jenis Kacang dan Manfaat Sehatnya

Daripada camilan tak bergizi, sebaiknya pilih kacang-kacangan sebagai kudapan sehat (Istimewa)

Trubus.id -- Belum jam makan siang tapi rasa lapar terkadang sering mendera? Biasanya, cara paling ampuh untuk mengganjal perut adalah dengan menyantap beberapa jenis camilan. Dibanding menyantap camilan yang tak bergizi, ada baiknya memilih kacang sebagai kudapan. 

Dilansir dari CNN, berikut beberapa jenis kacang dan manfaat yang terkandung di dalamnya. 

Kacang Mede

Kacang satu ini kerap ditemui sebagai campuran cokelat batangan. Siapa sangka kacang ini punya kemampuan untuk menurunkan tekanan darah. 

Studi dari North-West University di Potchefstroom, Afrika Selatan, menemukan bahwa diet dengan 20 persen asupan mede dapat meningkatkan tekanan darah pada orang yang mengalami sindrom metabolik, loh.

Baca Lainnya : Trubus Mania, Begini Cara Menyimpan Kacang Almond Agar Tahan Lama

Selain itu, kacang ini juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat alias LDL dan meningkatkan kapasitas penyerapan kolesterol baik atau HDL. 

Hazel

Kulit dan rambut sehat bisa didapat dengan mengonsumsi kacang hazel alias hazelnut. Varian kacang satu ini juga diperkaya dengan tembaga yang bisa membantu memompa produksi sel darah merah. 

Kesehatan jantung pun dapat terjaga karena hazelnut mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat. 

Almond

Kacang dengan aroma khas ini punya kandungan fosfor tinggi. Almond membantu membangun kekuatan dan ketahanan tulang dan gigi. Osteoporosis pun dapat dicegah dengan mengonsumsi almond secara teratur. 

Kandungan zinc, magnesium, potasium dan vitamin E dapat menjaga kesehatan organ jantung. Itulah kenapa, kacang ini dapat menjadi asupan yang baik bagi pencernaan. 

Pecan

Pecan tampaknya bisa jadi jawaban akan gejala premenstrual syndrom (PMS) yang dirasakan kaum perempuan jelang haid lantaran kaya akan mangan yang mampu mengurangi mood swing dan kram, apalagi jika dikombinasikan dengan kalsium.

Baca Lainnya : Mau Langsing, Coba Ngemil 3 Jenis Kacang Ini

Kandungan polifenolnya dapat bertindak sebagai antioksidan. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi pecan selama empat minggu atau 20 persen dari asupan makan secara keseluruhan, mampu meningkatkan kandungan antioksidan pada darah. So ladies, go grab your pecans

Kenari 

Sebuah studi yang dilakukan mahasiswa Andrews University di Amerika Serikat menemukan bahwa konsumsi kacang kenari dapat meningkatkan ukuran kognisi yakni inferensial penalaran. Artinya, memiliki manfaat untuk fungsi otak.

Tak hanya untuk otak, kenari juga bermanfaat untuk kesehatan jantung, termasuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi peredaran darah. Bagi mereka yang sedang diet, konsumsi walnut dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama.

Baca Lainnya : Jangan Keliru, Ini Porsi Ideal Makan Kacang

Pistachio

Kacang ini banyak tumbuh di daerah kering di Iran, Turkmenistan dan Azerbaijan barat. Warnanya yang hijau cerah kerap digunakan sebagai penghias makanan. Di balik warna hijau ini, pistachio menyimpan manfaat kesehatan sebagai antioksidan. 

Selain itu, pistachio juga baik untuk sistem imun tubuh, memberikan nutrisi untuk jantung lewat kandungan beta karoten dan asam oleanolic serta kaya akan mineral seperti potasium, kalsium, zinc dan zat besi. 

Chestnut 

Semua kacang mengandung lemak, tetapi chestnut memiliki kandungan lemak rendah karena banyak mengandung serat, betakaroten, folat dan vitamin C. Jantung makin sehat dengan konsumsi chestnut sebab kaya akan asam palmitic dan asam oleic. [DF]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

6 Jenis Anjing Kalem yang Tidak Banyak Menyalak

Pet & Animal   16 Feb 2020 - 23:48 WIB
Bagikan:          

5 Fakta Menakjubkan Tentang Indra Penciuman Anjing

Pet & Animal   16 Feb 2020 - 23:41 WIB
Bagikan:          

Inilah Makanan yang Bantu Menenangkan Sindrom Kaki Gelisah

Health & Beauty   16 Feb 2020 - 23:35 WIB
Bagikan: