Pupil Vertikal pada Mata Kucing, Ini Penjelasan Ilmiahnya

TrubusLife
Ayu Setyowati
03 Juli 2018   20:30 WIB

Komentar
Pupil Vertikal pada Mata Kucing, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Kucing memiliki pupil hitam yang bisa berubah menjadi vertikal dengan sangat cepat. (Pixabay/Alexas_Fotos)

Trubus.id -- Di antara semua hewan, mata kucing adalah salah satu yang paling unik dan spesial. Kucing memiliki pupil hitam yang bisa berubah menjadi vertikal dengan sangat cepat. Menurut sebuah penelitian, keistimewaan mata kucing berkaitan dengan bagaimana mereka menggunakan penglihatannya.

Pada Juli 2015, ahli dari Universitas California, Berkeley, pernah melaporkan temuannya tentang hubungan antara aktivitas hewan dengan bentuk pupil. Mereka menganalisis 214 spesies hewan darat dalam penelitian ini.

Bentuk dan ukuran pupil menentukan seberapa banyak cahaya yang ditangkap mata dan kemudian diterjemahkan otak menjadi sesuatu yang bisa dilihat. Saat gelap, pupil akan melebar untuk menangkap lebih banyak cahaya agar bisa melihat. Di saat terang, pupil mata akan jadi lebih kecil untuk mencegah terlalu banyak rangsangan.

Baca Lainnya : Viral, Kisah Unik Persahabatan Kucing dan Hamster

Nah, hal ini juga berlaku pada kucing. Bedanya, mereka lebih mahir daripada manusia. Dilansir Science Alert, penelitian sebelumnya telah menemukan kucing dan hewan predator lain yang dapat menggerakkan otot mata lebih sering untuk menangkap lebih banyak cahaya.

Pupil ramping dan vertikal kucing dapat melebar dan mengecil dengan kecepatan 135 sampai 300 kali lipat lebih cepat. Sebagai perbandingan, manusia hanya dapat melebarkan pupil sampai 15 kali lipat. Kemampuan ini tentu saja sangat menguntungkan kucing, terlebih mereka jauh lebih aktif di malam hari. Kucing tetap dapat melihat dengan jelas, baik malam maupun siang hari. Pupil vertikal yang ditemukan pada kucing, ular, dan buaya, yang memungkinkan mereka untuk memperkirakan jarak mangsa.

Baca Lainnya : Selain Faktor Genetik, Ini Sebabnya Kucing Tidur Melulu

Namun, tidak semua predator memiliki bentuk pupil vertikal. Kucing besar seperti singa dan harimau memiliki pupil bulat seperti manusia. Menurut Martin Banks, profesor optometri di Berkeley, perbedaan bentuk pupil kucing dengan harimau dan singa dipengaruhi oleh ukuran tubuh.

Banks mengatakan, singa atau harimau tidak perlu melakukan banyak trik agar dapat fokus melihat mangsa karena tubuhnya yang jauh lebih tinggi dibanding kucing. Dengan tubuhnya yang tinggi, mereka tetap dapat melihat mangsa dengan baik. Lewat temuan ini, Trubus Mania jadi tahu bahwa ketika kucing mengubah ukuran pupilnya, bisa jadi mereka sedang mengincar mangsa seperti tikus. [DF]


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Jangan Sepele, Begini Caranya Agar Kita Tidak Kekurangan Vitamin C

Health & Beauty   14 Des 2019 - 23:51 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: