Miris, Kumbang-Kumbang Ini Dijadikan Perhiasan Hidup-Hidup

TrubusLife
Ayu Setyowati
03 Juli 2018   16:00 WIB

Komentar
Miris, Kumbang-Kumbang Ini Dijadikan Perhiasan Hidup-Hidup

Maquech, kumbang yang disulap sedemikian rupa sehingga tubuhnya bertatahkan berlian yang dilekatkan ke rantai logam kecil dengan pin di ujungnya. (theyucatantimes)

Trubus.id -- Pin dan bros berwarna-warni telah menjadi tren lagi akhir-akhir ini. Akan tetapi, ada satu tren di Meksiko yang lebih menyeramkan daripada imut, yakni perhiasan dari kumbang hidup.

Adalah maquech, kumbang bernama latin Zopherus chilensis ini disulap sedemikian rupa sehingga tubuhnya bertatahkan berlian yang dilekatkan ke rantai logam kecil dengan pin di ujungnya. Ia berfungsi dengan cara yang sama seperti bros biasa, tetapi hidup.

Tersedia dalam berbagai gaya yang berbeda, 'perhiasan hidup' ini terbuat dari kumbang besar yang tidak bisa terbang, paling sering ditemukan di Amerika Selatan dan Meksiko. Rantai logam memaksa kumbang untuk lengket pada apapun yang disematkan dan batu-batu tebal yang menempel ke punggungnya membebani dirinya.

Baca Lainnya : Unik, Kumbang Air Jenis Baru Ini Dinamai Leonardo DiCaprio

Meskipun spesies kumbang yang keras ini dapat hidup hingga empat tahun, kemungkinan mereka tidak bertahan lebih dari beberapa bulan jika difungsikan sebagai bros. Itu karena mereka akan stres dan kurang mendapat perawatan yang tepat.

Popularitas bros-bros menyedihkan ini berawal sejak tahun 1980-an, ketika mulai bermunculan di toko-toko turis di sekitar Yucatán, Meksiko.

Konon, bros kumbang hidup ini berasal dari legenda kuno, di mana seorang putri secara ajaib berubah menjadi kumbang berkilau sehingga dia masih bisa memilikinya setelah dijatuhi hukuman mati lantaran kisah asmaranya yang terlarang. Namun beberapa orang berpendapat bahwa dongeng itu hanyalah bagian dari taktik pemasaran.

Baca Lainnya : Telur Kupu-kupu Langka Ini Ditemukan di Skotlandia

Di toko-toko, kumbang yang berjatuhan paling sering disimpan di tempat sampah plastik besar sebelum dijual ke wisatawan dengan harga sekitar US$10. Meskipun hanya ada sedikit informasi yang tersedia tentang populasi liar maekech, fakta bahwa mereka secara teratur diburu dari habitatnya untuk dijadikan produk bukanlah pertanda baik.

Jika Trubus Mania ingin berlibur ke mengunjungi Yucatán dan tertarik membeli maquech, ingat bahwa hewan-hewan ini jauh lebih baik di alam liar di mana mereka berada, bebas dari rantai dan batu berkilauan. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kebiasaan Masyarakat Tiongkok Minum Air Panas, Apa Manfaatnya?

Health & Beauty   16 Des 2019 - 14:55 WIB
Bagikan:          

Berenang Secara Rutin Baik untuk Kesehatan Anjing

Pet & Animal   16 Des 2019 - 11:04 WIB
Bagikan:          
Bagikan: