Bukan untuk Ambil Daun di Pohon, Ini Fungsi Sebenarnya Leher Jerapah

TrubusLife
Diah Fauziah
17 Sep 2017   23:00 WIB

Komentar
Bukan untuk Ambil Daun di Pohon, Ini Fungsi Sebenarnya Leher Jerapah

Terkait leher panjang yang dimiliki jerapah, ada beberapa hipotesis. (Foto: Pixabay/ ramalholore)

Trubus.id -- Jerapah, hewan tertinggi di darat, dengan tinggi sekitar 5,8 meter. Meskipun lehernya panjang, bisa mencapai 1,8 meter, itu hanyalah tujuh tulang belakang leher, seperti kebanyakan mamalia lain.

Fosil  jerapah yang pernah ditemukan para peneliti membuktikan jika pada suatu waktu, hewan ini memiliki leher yang jauh lebih pendek. Namun, bagaimana dan mengapa leher mereka tumbuh lebih lama selama jutaan tahun? Semua ini masih menjadi misteri.

Terkait leher panjang yang dimiliki jerapah, ada beberapa hipotesis. Yang pertama adalah, leher panjang tersebut dapat membantu jerapah mencapai dedaunan yang lebih tinggi daripada hewan herbivora lainnya. Pemikiran ini muncul sejak tahun 1809, ketika Jean Baptiste Lamarck mengatakan bahwa itu merupakan evolusi jerapah dari usahanya untuk terus mencari makanan.

Foto: Pixabay/ HowardWilks.

Peneliti lain percaya jika leher panjang jerapah merupakan daya tarik hewan tersebut untuk memikat lawan jenisnya. Jerapah jantan akan bersaing untuk mendapatkan betina yang mereka inginkan, dengan cara saling memukul leher mereka. Bisa dikatakan jika jerapah yang memiliki leher panjang cenderung menjadi pemenang dalam pertarungan ini.

Dan, penelitian terbaru mengatakan bahwa leher panjang jerapah untuk membantu mereka mengatur suhu tubuh di iklim Afrika yang panas. Teori baru ini muncul di Journal of Arid Environment oleh Graham Mitchell dan tim dari University of Wyoming, Amerika Serikat.

Sejak tahun 2009, Graham telah meneliti puluhan ekor jerapah di Zimbabwe. Ternyata, jerapah yang memiliki leher ramping dan panjang, tidak mengalami kepanasan jika dibandingkan hewan lain dengan massa tubuh yang sama.

“Memiliki bentuk dolichomorphic, jerapah selalu mengarahkan kepala ke matahari, hewan ini dapat mengurangi proporsi permukaan tubuh yang terkena radiasi matahari hingga jauh di bawah proporsi hewan lain,” kata Graham pada Science Alert.

Meski begitu, teori ini masih harus diteliti lebih lanjut dengan mencari bukti kuat lainnya. Trubus Mania, kalau menurut kalian sendiri, kenapa jerapah memiliki leher panjang? [DF]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Sehat dan Lepas Stres dengan Menanam Buah di Pekarangan

Health & Beauty   28 Agu 2020 - 10:08 WIB
Bagikan: