Peneliti Ungkap, Kambing Bisa Bangun Hubungan Emosional dengan Manusia Loh

TrubusLife
Syahroni | Followers 0
02 Juli 2018   07:00

Komentar
Peneliti Ungkap, Kambing Bisa Bangun Hubungan Emosional dengan Manusia Loh

Ilustrasi (Istimewa)

Trubus.id -- Kambing sudah lama hidup berdampingan dengan manusia. Sayangnya, tidak banyak orang yang memelihara kambing selayaknya hewan peliharaan yang butuh perhatian dan kasih sayang. Tidak seperti anjing, kucng dan hewan peliharaan lainnya.

Namun demikian, rupanya kambing memiliki kepandaian dan sifat mulia seperti hewan peliharaan pada umumnya. Hebatnya, kambing juga bisa membangun hubungan emosional dengan manusia, seperti halnya anjing. 

“Kambing menatap manusia dengan tips yang sama semisal anjing saat meminta camilan yang tak bisa diraih,” kata Christian Nawroth, ahli dari Queen Mary University of London, sebagaimana dilansir pada Science Alert, Sabtu (30/6).

Hasil riset memberikan bukti kuat bahwa selama ini kambing hanya diketahui sebagai hewan ternak, mereka pun mempunyai sifat layaknya hewan peliharaan.

Bahkan hingga kali ini, para ilmuwan berpikir bahwa hanya hewan peliharaan atau yang dibesarkan sebagai teman (anjing, kucing, dan kuda) yang bisa membangun hubungan emosional dengan manusia.

Tapi sudah ada tanda-tanda bahwa kambing mempunyai keahlian. Untuk satu masalah, mereka merasa nyaman tinggal di luar kawanannya.

Untuk menguasai seberapa baik kambing boleh berhubungan dengan manusia, pada studi tahun 2016 silam, tim melatih 34 kambing untuk melepas penutup dari kotak hadiah. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Pro Kontra Perlombaan Gajah di Vietnam

Diah Fauziah   Pet & Animal
Bagikan: